oleh

Kurangi 5 Jenis Makanan dan Minuman Ini Agar Asam Lambung Aman

Kabar6-Saat produksi asam lambung dalam sistem pencernaan naik, maka perut akan terasa sakit, kembung dan mual, yang sering disebut sakit maag. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan asam lambung meningkat jumlahnya.

Salah satu faktor penyebab yang paling besar adalah makanan yang kita konsumsi. Metabolisme setiap orang memang berbeda, oleh karena itu penyebab naiknya asam lambung pada tiap orang juga akan berbeda, sehingga ada beberapa makanan yang memang harus Anda awasi karena dapat meningkatkan asam lambung dan ada yang aman.

Agar asam lambung berada pada jumlah aman, melansir magforwomen, Anda disarankan untuk mengurangi konsumsi lima jenis makanan dan minuman berikut:

1. Kafein
Mengonsumsi beberapa cangkir kopi atau teh setiap hari akan berisiko meningkatkan asam lambung Anda, jadi berhati-hatilah.

2. Terlalu banyak soda
Minuman bersoda tak baik untuk lambung ketika terjadi kenaikan asam lambung. Gelembung sodanya yang berisi karbon bisa memberikan tekanan pada lambung dan membuat asam semakin naik.

3. Makanan pedas dan berminyak
Selain menyebabkan mulas dan tak baik untuk lambung, makanan pedas dan berminyak juga bisa menyebabkan asam lambung semakin meningkat.

Mengonsumsi makanan pedas dan berminyak ketika asam lambung naik bisa menambah rasa terbakar pada bagian perut, dada, dan tenggorokan. ** Baca juga: Adakah Batasan Konsumsi Sirop Saat Buka Puasa?

4. Alkohol
Sebuah penelitian mengungkapkan, beberapa orang cenderung mengalami peningkatan asam hidroklorida setelah minum alkohol. Asam hidroklorida inilah yang akan membuat perut Anda terasa terbakar. Jadi ada baiknya Anda melewati minum anggur saat makan malam jika memang Anda memiliki kecenderungan ini.

5. Makanan yang menggunakan tomat
Tomat adalah salah satu makanan sehat, namun sayangnya juga mengandung kadar asam yang tinggi dan bisa memperburuk rasa sakit ketika asam lambung meningkat. Lebih baik hindari dulu makanan yang mengandung tomat, seperti spageti atau saus tomat.

Dengan menghindari kelima makanan dan minuman tadi, asam lambung Anda tentu akan aman selama puasa.(ilj/bbs)

Berita Terbaru