oleh

Kurang Minum, Buah dan Sayur yang Bisa Bantu Penuhi Cairan Tubuh

Kabar6-Cairan sangat penting bagi tubuh manusia, terutama yang berasal dari air putih. Tanpa cairan, tubuh akan dehidrasi, lemah, dan kesehatan pun akan terganggu. Itulah sebabnya banyak pakar yang menyarankan untuk meminum air putih setidaknya delapan gelas per hari guna memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Namun, air putih bukanlah satu-satunya cara untuk tetap terhidrasi dengan baik. Anda juga bisa mendapatkan sekira 20 persen air setiap hari dari makanan tertentu, seperti buah dan sayuran.

Bonusnya, cairan akan diserap lebih lambat dan tubuh mendapatkan nutrisi selama prosesnya. Melansir Aura, ini buah dan sayuran yang juga bisa bantu penuhi kebutuhan cairan tubuh:

1. Mentimun
Sayuran ini mengandung sebanyak 95 persen air dan rendah kalori, serta dapat membantu melawan peradangan, dan bahkan mungkin memperlambat proses penuaan.

2. Wortel
Selain baik untuk mata, wortel juga mengandung sekira 90 persen air, serta kaya beta karoten dan antioksidan lain yang melindungi dari kanker dan menjaga kekuatan jantung.

3. Timun Jepang
Sayuran ini bahkan mengandung 95 persen air. Diperkaya dengan antioksidan, timun Jepang juga membantu melindungi sel dari kerusakan.

4. Selada bokor
Sayuran yang juga disebut iceberg lettuce ini mengandung 95 persen air, serat, kalium, mangan, zat besi, kalsium, magnesium, dan fosfor, yang penting untuk membantu tubuh tetap sehat.

5. Seledri
Selain mengandung 95 persen air, sayuran ini juga rendah kalori dan tinggi vitamin K, folat, dan kalium, serta baik untuk pencernaan karena memiliki banyak serat dan membantu mencegah peradangan pada sistem pencernaan.

6. Kembang kol
Sayuran in juga mengandung 92 persen air, kaya vitamin C dan K, serta nutrisi lain yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan melindungi dari kanker. ** Baca juga: Kaki Sering Kram, Mungkin Anda Kekurangan 6 Nutrisi Ini

7. Tomat
Selain kandungan airnya mencapai 95 persen, tomat juga memiliki banyak antioksidan, termasuk likopen yang dapat membantu melawan kanker, menurunkan kolesterol jahat, dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan tidak hanya didapat hanya dari minum air putih. Agar tidak bosan, Anda pun bisa mengonsumsi sejumlah buah dan sayur yang mengandung banyak air.(ilj/bbs)

Berita Terbaru