Kurang Cukup Istirahat pada Malam Hari Bisa Akibatkan Otak Susut

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sebuah penelitian yang dilaporkan oleh CBS News mengungkapkan, istirahat yang tidak baik di malam hari akan menyusutkan otak. Diketahui, tidur di malam hari adalah saat Anda ‘menyetel ulang’ sekaligus ‘mengisi ulang’ otak.

Karena itulah saat terjadi gangguan pola tidur secara terus menerus, kemampuan otak untuk memperbaiki dirinya sendiri akan terhambat secara signifikan, dan otak akan mengalami penyusutan.

Claire Sexton, salah seorang peneliti di University of Oxford di Inggris, dilansir Mind Body Green, melakukan scan otak pada 147 orang dewasa Norwegia dengan usia rata-rata 54 tahun. Dilakukan pemantauan pola tidur dan kualitas tidur selama 3,5 tahun.

Hasilnya menunjukkan korelasi langsung antara kualitas tidur yang buruk dan pengurangan volume materi abu-abu otak. Materi abu-abu otak berhubungan dengan penalaran, perencanaan, memori dan pemecahan masalah.

Perburukan materi abu-abu terlihat pada orang dewasa lebih tua yang sebagian besar mengalami kualitas tidur buruk. ** Baca juga: Pola Makan yang Tidak Dianjurkan Untuk Kaum Muda

Masalah yang terjadi adalah seseorang yang beranjak tua dan mempunyai kualitas tidur yang buruk yang akan mempengaruhi penyusutan otak tersebut. Jadi apabila Anda mengalami sulit tidur setiap malam, usahakan untuk memperbaiki kembali pola tidur agar lebih berkualitas.(ilj/bbs)