oleh

Kumala ke Pemkab Lebak soal Manusia Silver: Jangan Cuma Dijaring, Harus Ada Solusi Menyeluruh

Kabar6-Keluarga Mahasiswa Lebak (Kumala) berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak punya keinginan serius dalam menangani keberadaan manusia silver.

Ketua Kumala PW Rangkasbitung Eza Yayang Firdaus mengatakan, razia yang dilakukan Satpol PP dengan menjaring manusia silver dirasa tidak cukup menuntaskan permasalahan tersebut. Pemkab kata Eza harus punya solusi agar masalah tersebut bisa dituntaskan.

“Jangan cuma dijaring, tapi harus ada solusi yang menyeluruh dalam menangani keberadaan manusia silver. Karena ini bisa berbagai faktor, mulai dari ekonomi, keluarga hingga pergaulan,” kata Eza kepada Kabar6.com, Kamis (25/3/2021).

Seharusnya kata Eza, sebelum melakukan razia, pemerintah daerah sudah menyiapkan tempat penampungan sosial untuk memberikan pembinaan kepada manusia silver serta anak jalanan lainnya.

“Penanganannya harus dilakukan bukan hanya oleh satu dinas saja, tapi saling keterkaitan, mulai dari Satpol PP, Dinsos, Disnaker, Disdukcapil dan kepolisian. Ini harus dipikirkan ke sana oleh pemda,” ujar Eza.

**Baca juga: Lebak Jadi Lokasi Pelaksanaan Upland Project dengan Komoditas Manggis

Dia berharap, dengan penanganan semacam itu, tindakan razia yang dilakukan Satpol PP tidak sia-sia.

“Ya karena percuma kalau hanya dijaring, didata lalu setelah itu tidak ada tindak lanjutnya. Kalau ada yang solusi menyeluruh, pemda harus memberikan pembinaan agar mereka tidak kembali ke jalan, lalu membekali mereka dengan pelatihan agar mereka punya keterampilan serta akses untuk mendapat pekerjaan,” papar Eza.(Nda)

Berita Terbaru