oleh

Kumala Desak Kinerja Sejumlah Dinas di Lebak Dievaluasi

Kabar6-Kinerja sejumlah kepala dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak mendapat sorotan dari aktivis Keluarga Mahasiswa Lebak (Kumala).

Ketua Umum Kumala Komarudin atau yang akrab disapa Marko mengatakan, ada sejumlah kepala dinas yang kinerjanya harus dievaluasi karena tidak cepat tanggap terkait berbagai persoalan yang menjadi tanggung jawab dinas yang dipimpinnya.

“Ada beberapa ya, seperti Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Pendidikan (Dindik) Kinerja kedua dinas ini harus mendapat perhatian dari pemerintah daerah untuk dievaluasi,” kata Marko kepada Kabar6.com, Rabu (1/12/2021).

Misalnya kata Marko, kasus ambruknya ruangan laboratorium dan menimpa sejumlah siswa di SMPN 1 Cibeber beberapa waktu lalu. Menurut dia, Dindik seharusnya memiliki data inventarisir soal usia bangunan sekolah-sekolah.

“Dari data itu dinas bisa punya skala prioritas bangunan sekolah mana saja yang memang harus secepatnya diperbaiki. Sayangnya saya tidak melihat dinas punya data itu,” sebut Marko.

Kemudian di sektor kesehatan yang menjadi tanggung jawab Dinkes. Salah satu persoalan mengapa perlu ada evaluasi kinerja adalah soal program keluarga sehat. Marko menilai, program tersebut masih jauh dari kata maksimal dan masih cenderung seremonial.

“Nyatanya angka stunting dan gizi buruk di kita masih cukup tinggi. Ini yang perlu dievaluasi, agar jangan sampai anggaran yang besar telah dikucurkan tetapi tidak bisa maksimal mengatasi persoalan,” tegas Marko.

**Baca juga: Dua Rumah di Lebak Rusak Berat akibat Pergerakan Tanah, Belasan Jiwa Mengungsi

Kumala sambung Marko telah menyampaikan hal tersebut kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Santoso.

“Sudah, kami sudah menyampaikan kepada beliau agar kinerja sejumlah dinas tersebut dievaluasi. Apalagi masalah-masalah itu menjadi kebutuhan sangat dasar masyarakat,” katanya.(Nda)

Berita Terbaru