oleh

Kulit Ketiak Hitam, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Kabar6-Tidak sedikit orang, mungkin juga Anda, yang memiliki kulit ketiak menghitam. Selain mengganggu penampilan, ketiak hitam juga dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Hal yang mungkin belum Anda ketahui, kebiasaan dan perlakuan yang Anda berikan pada kulit ketiak ternyata dapat mempengaruhi kecerahan warna kulit di area tersebut. Melansir 1health, apabila Anda rutin mencukur daerah ketiak, sebaiknya perlu menghentikannya segera, karena mencukur dapat mengiritasi kulit ketiak dan berujung pada perubahan warna.

Sebagai gantinya, pilihlah cara lain untuk menghilangkan bulu pada daerah ini, atau kurangi intensitas mencukur Anda.

Hal lain yang dapat menjadi penyebab kulit ketiak hitam adalah acanthosis nigricans, yaitu kondisi medis yang terlihat pada seseorang dengan gangguan insulin seperti diabetes. Agar terhindar dari kondisi ini, segera terapkan diet sehat dan periksa kondisi kesehatan Anda.

Orang dengan ketidakseimbangan hormon dan gangguan yang terkait dengan hormon seperti hipotiroidisme, penyakit Addison, juga rentan memiliki kulit ketiak yang menghitam. Kemudian, masalah keringat berlebih dapat menyebabkan kulit di sekitar ketiak tidak terkelupas.

Kurangnya pengelupasan kulit ketiak ini dapat membuat lapisan sel kulit mati dan kotoran jadi menetap di ketiak. Alhasil, kulit ketiak menghitam.

Penggunaan deodoran dan antiperspirant terkadang juga membuat kulit ketiak Anda memiliki reaksi buruk terhadap bahan kimia hadir di dalamnya, sehingga mengarah terhadap perubahan kulit ketiak.

Penyebab lain, infeksi bakteri eritrasma, yaitu infeksi bakteri yang juga dapat mengubah warna kulit ketiak Anda. Jadi jika kulit ketiak menghitam segera periksakan ke dokter, karena bisa saja Anda terinfeksi penyakit ini.

Terakhir adalah karena waxing. Dalam beberapa kasus, waxing juga dapat menyebabkan ketiak menghitam. Biasanya ini terjadi jika waxing dilakukan secara tidak benar atau proses penarikan bulu di ketiak terlalu keras. ** Baca juga: Yoga & Meditasi Dapat Ubah Genetik Orang Jadi Lebih Sehat

Periksa kembali penyebab kulit ketiak Anda menghitam, agar solusi yang didapat tepat.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru