oleh

Kuliner dari Berbagai Negara yang Hanya Ada di Bulan Ramadan

Kabar6-Setelah menahan lapar dan dahaga, tibalah waktu untuk berbuka puasa. Di beberapa negara, ada banyak kuliner khas yang selalu tersedia dan menjadi hidangan khas sepanjang Ramadan.

Tidak hanya mengundang selera makan, menu Ramadan ini pun Lezat. Melansir beritaunik, ini kuliner dari berbagai begara yang ada selama Ramadan:

1. Turki
Di kota-kota besar seperti Istanbul, semua restoran dan rumah makan akan berlomba-lomba melakukan penawaran khusus menu untuk buka puasa selama bulan Ramadan. Penawaran itu adalah satu set menu yang dibuka dengan menghidangkan sup iftariye, roti pide (roti panggang yang khusus hanya dijual selama bulan Ramadan), pastirma, sujuk, dan berbagai kue-kue yang disebut börek.

Hidangan utama terdiri dari berbagai makanan khas dari Turki terutama makanan tradisional Ottoman. Sementara pencuci mulut terkenal yang disebut güllaç yang terbuat dari air mawar.

2. Lebanon
Di Lebanon banyak sekali makanan yang dijumpai ketika berbuka puasa. Menu khas untuk buka puasa yang biasa dijumpai di Lebanon antara lain adalah mezza, tabbouleh, houmous, dan berbagai macam daging panggang. Menu-menu tersebut tentu akan terasa sangat nikmat setelah seharian menahan lapar dan dahaga.

3. Yordania
Orang Yordania biasa berbuka dengan mansaf dan qatayef. Mansaf adalah hidangan khas Yordania yang berupa daging domba yang dibumbui dengan rempah-rempah. Sedangkan Qatayef adalah hidangan sejenis pancake dengan kayu manis dan diisi dengan kenari dan gula. Untuk menikmati qatayef, kurang lengkap rasanya jika disantap tanpa ditemani sirup madu.

4. Mesir
Umat Muslim di negeri piramida ini biasa berbuka dengan medames. Di samping medames yang menjadi hidangan utama, ada juga menu lainnya yang turut menyemarakkan waktu berbuka seperti molokheya yang dibuat dari ayam dan nasi. Biasa dibilang tiada Ramadan di Mesir tanpa menu-menu tersebut.

5. India
Di kota Hyderabad, menu buka puasa yang banyak dijumpai adalah Hyderabadi Haleem. Merupakan makanan khas daerah setempat yang mirip dengan bubur gandum tradisional dengan citarasa pedas, gurih, dan biasanya disajikan dengan daging domba.

6. Pakistan
Di Pakistan, rasanya kurang sempurna jika berbuka puasa tanpa menu khas yaitu samosa, makanan khas lezat yang terasa pedas dan berbentuk segitiga. Menariknya, selama bulan Ramadan, warung-warung yang menjual hidangan samosa ini akan sangat mudah sekali dijumpai di seluruh penjuru Pakistan.

7. Bangladesh
Umat Muslim Bangladesh mempunyai beberapa menu khas yang biasanya disajikan ketika berbuka. Piyaju, beguni, jilapi, muri, halim, tanggal, samosa, dal puri, chola, dan berbagai jenis buah-buahan seperti semangka akan menjadi hidangan berbuka.

Sementara minuman seperti rooh afza dengan berbagai cita rasa dan serbet lemon adalah menu berbuka cukup populer di seluruh Bangladesh.

8. Malaysia
Umat Muslim di Malaysia memiliki kebiasaan yang cukup unik yakni berbuka puasa dengan makanan kering dan kurma segar. Ada berbagai macam makanan khas Malaysia yang tersedia dalam Bazaar Ramadan, yaitu pasar makanan lokal yang buka selama bulan puasa, seperti air tebu, nasi lemak, laksa, percek ayam, nasi ayam, sate dan lain-lain.

Meskipun sebenarnya makanan tersebut juga dapat dijumpai selain pada bulan Ramadan, rasanya kurang lengkap berbuka puasa di Malaysia tanpa menu-menu tadi. ** Baca juga: Intip Tradisi Unik Ramadan di Beberapa Negara

Menyenangkan, bukan?(ilj/bbs)

Berita Terbaru