oleh

Kucing Peliharaan Disebut Sebagai Pemicu Ratusan Insiden Kebakaran Rumah di Korsel

Kabar6-Departemen Kebakaran dan Bencana Metropolitan Seoul, Korea Selatan (Korsel), mengatakan bahwa kucing peliharaan menyebabkan total 107 kebakaran rumah antara Januari 2019 hingga November 2020.

Karena itulah, melansir SCMP, pemilik hewan peliharaan di Korsel telah diperingatkan untuk tetap waspada, setelah lebih dari 100 kebakaran dipicu oleh kucing selama tiga tahun terakhir. “Kucing-kucing itu diyakini menyalakan api dengan menyalakan kompor listrik,” demikian pernyataan Departemen Kebakaran dan Bencana Metropolitan Seoul.

Kucing disebut dapat menyalakan kompor listrik dengan menekan tombol yang peka terhadap sentuhan dan setelah terlalu panas, peralatan dapat terbakar. Empat orang terluka dalam kebakaran tersebut, lebih dari setengahnya dimulai saat pemilik kucing ke luar rumah.

“Kebakaran terkait kucing terus terjadi baru-baru ini,” kata Chung Gyo-chul, seorang pejabat dari departemen tersebut. “Kami menyarankan rumah tangga dengan hewan peliharaan untuk memberikan perhatian ekstra karena api dapat menyebar luas ketika tidak ada orang di rumah.”

Departemen juga menyarankan pemilik kucing untuk mengeluarkan benda yang mudah terbakar seperti handuk kertas dari kompor. Disarankan menggunakan kompor listrik dengan fungsi kunci otomatis untuk mencegah risiko kebakaran. ** Baca juga: Rasis Terhadap Tersangka Perampokan, Hakim di Kota Louisiana Mengundurkan Diri

Menurut Departemen Kebakaran dan Bencana Metropolitan Seoul, kebakaran rumah terkait hewan peliharaan meningkat di Seoul. Antara Januari dan September 2019, terjadi 31 kebakaran seperti itu, peningkatan yang signifikan dari hanya delapan pada 2016.(ilj/bbs)

Berita Terbaru