oleh

Kualitas Kertas Suara di Tangsel Dianggap Layak

Kabar6-?Dua lembaga penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah melihat hasil kualitas pencetakan kertas surat suara. Lokasi percetakan berada di daerah Kota Surabaya, Jawa Timur.

 

 

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tangsel, M Taufik MZ, mengatakan ?hingga kini persoalan logistik masih menunggu selesainya percetakan surat suara.

 

M. Taufik mengaku memantau langsung proses percetakan surat suara ke PT Jasuindo Tiga Perkasa, bersama Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Mohamad Subhan.

 

“Setelah sebelumnya untuk surat suara sudah melewati hasil kroscek para tim pasangan calon, dan kini telah berlangsung proses percetakan oleh perusahaan tersebut,” terang Taufik, Sabtu (14/11/2015).

 

Diketahui, untuk jumlah surat suara yang akan dicetak yaitu sebanyak 939.674 surat suara dan tambahan 2,5 persen untuk surat suara cadangan pada pencoblosan 9 Desember nanti.

 

Menurut Taufik, pemantauan itu untuk mengetahui sejauh mana keamanan dalam proses percetakan surat suara, agar nantinya tidak ada kecurangan dalam bentuk memanipulasi surat suara.

 

“Kami memantau ini untuk melihat apakah proses percetakannya sudah aman, dan juga apakah perusahaan ini benar-benar memenuhi standard yang berlaku dalam percetakan surat suara pemilu. Ini untuk mencegah adanya bentuk-bentuk kecurangan,” terangnya.

 

Terpisah, Ketua KPU Kota Tangsel, Mohamad Subhan, menjelaskan dari hasil lelang tender diputuskan pemenang percetakan surat suara itu, PT. Jasuindo Tiga Perkasa.

 

Pihak ketiga itu mendapat pekerjaan mencetak surat suara dengan pagu anggaran Rp700 juta. Telah memenuhi standar keamanan dalam percetakan surat suara.

 

“Dari hasil pantauan semuanya benar-benar aman, dari mesinnya, tintanya, dan juga kualitas kertasnya serta kompsisi cahanyanya semuanya sangat profesional dan proporsional,” ujarnya.

 

Subhan menambahkan, Panwaslu Tangsel nantinya juga tidak hanya sekadar mengawasi proses percetakan surat suara, tetapi dalam proses distrubsi dan pelipatan surat suara juga akan dipantau. ** Baca juga: Panwascam Ciptim Ogah Sebutkan Titik Rawan Gesekan

 

“Tidak hanya sampai di sini saja, kami juga akan terus melakukan pengawasan dalam proses pelipatan dan proses pendistribusian surat suaranya. Agar semuanya benar-benar aman dan sesuai dengan aturan yang ada,” ujarnya.?(yud)

Berita Terbaru