oleh

KUA PPAS APBD Kota Tangerang 2022 Disahkan, Pembahasan Tertutup

Kabar6-Pembahasan anggaran pemerintah Kota Tangerang masih jauh dari kata transparan. Pasalnya, pembahasan anggaran masih dilakukan secara tertutup antara DPRD dengan Pemkot Tangerang.

Sejumlah daerah, misalnya Jakarta sudah melakukan pembahasan anggaran secara terbuka. Tertutupnya pembahasan anggaran itu dibenarkan Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin.

“Itu mah sudah seperti biasanya memang sudah kita bahas dari tahun ketahun sudah (tertutup) seperti itu. Gak ada maslah kayaknya,” ujar Sachrudin usai pengesahan nota Kesepakatan Kebijakan Umum (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Kota Tangerang 2022, Rabu (25/8/2021).

Ketua DPD Golkar itu menilai yang terpenting hasil dari pembahasan disampaikan secara terbuka. “Hasilnya kan terbuka. Ya nanti dibicarakan,” katanya.

Sebagai informasi, DPRD bersama Pemkot Tangerang menyepakati nota Kesepakatan Kebijakan Umum (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Kota Tangerang 2022. Diprediksi APBD Kota Tangerang 2022 sebesar Rp4.409.292.467.128. Pembahasan tersebut pun dilakukan secara tertutup.

Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo mengatakan, setiap DPRD memiliki tata tertib (tatib) masing-masing. Sehingga pembahasan anggaran tidak dapat dilakukan secara terbuka.

**Baca juga: Pemkot Gelontorkan Anggaran 2,9 Miliar untuk Ribuan Penerima Bansos Baru.

“Ya kan ada tata tertib, rasanya hampir sebagian besar DPRD punya tata tertib dan mengacu ke situlah. Tinggal di cek aja tatib DPRD,” katanya.

Politisi PDI Perjuangan itu mengaku, tidak dapat memutuskan sendiri terkait pembahasan anggaran secara terbuka. Dirinya membutuhkan persetujuan seluruh pimpinan fraksi di DPRD.

“Kalau mau menyarankan itu bisa saja tapi melalui pimpinan-pimpinan fraksi karena ini lembaga politik,” tandasnya. (Oke)

Berita Terbaru