oleh

Kreatif, Guru SD di Spanyol Pakai Kostum Bergambar Organ Dalam Manusia untuk Ajarkan Anatomi Tubuh

Kabar6-Ada saja beragam cara yang digunakan oleh sejumlah tenaga pendidik agar para murid mudah mengerti apa yang diajarkan. Salah satunya adalah cara unik yang digunakan seorang guru Sekolah Dasar (SD) di Valladolid, Spanyol, bernama Verónica Duque (43).

Wanita ini, melansir Boredpanda, menemukan cara inovatif untuk mengajarkan kepada murid-muridnya tentang anatomi dengan memakai kostum yang menggambarkan organ dalam manusia di bawah lapisan kulit. Duque sendiri telah mengajar selama 15 tahun dan kini memegang beberapa mata pelajaran anak-anak kelas tiga SD seperti sains, ilmu sosial, seni, serta bahasa Inggris dan Spanyol.

Namun saat akan memberikan pelajaran seputar anatomi tubuh manusia, ia terpikirkan cara unik ini agar membuat pelajaran jadi lebih menarik. ** Baca juga: Pengantin di Florida Campurkan Ganja dalam Hidangan Pesta Pernikahannya

“Aku sedang browsing internet lalu muncul iklan pakaian selam di AliExpress,” kata Duque. “Mengetahui betapa sulitnya anak-anak muda ini untuk memvisualisasikan disposisi organ internal, aku pikir ini layak untuk dicoba.”

Produk pakaian selam tersebut telah dibuat secara khusus dengan menampilkan gambar semua organ dalam manusia dari leher sampai ke ujung kaki. Setelah suami Duque, Michael, memposting beberapa foto-foto sang istri di Twitter saat sedang mengajar, sosok Duque langsung menjadi viral.

Postingan itu membuatnya menjadi simbol kreativitas dan dedikasi. Rupanya, Duque sejak dulu sudah memiliki banyak cara untuk memberikan kejutan pada murid-muridnya.

“Aku memutuskan sejak lama untuk menggunakan penyamaran untuk pelajaran sejarah,” ujar Duque. “Aku juga menggunakan mahkota dari kardus pada muridku untuk belajar kategori tata bahasa seperti kata benda, kata sifat, dan kata kerja. Bisa dibilang, kerajaan tata bahasa yang berbeda.”

Ditambahkan, “Aku mau masyarakat berhenti menganggap guru sebagai pelayan publik birokrasi yang malas. Tentu saja tidak.”(ilj/bbs)