oleh

KPU Tangsel Klaim Angka Partisipasi Pemilih 80 Persen

Kabar6-Secara umum penyelenggaraan pesta demokrasi di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memperlihatkan kemajuan. Trend positif itu mengacu dari Pemilihan Presiden (Pilpres) dan yang berlangsung damai dan lancar serta partisipasi pemilih yang meningkat.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Kota Tangsel, Muhamad Subhan mengatakan, dari total 959.146 jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Tangsel, sebanyak 767.317 DPT memberikan hak suaranya di masing-masing titik Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Secara persentase, warga Tangerang Selatan telah memberikan hak suaranya 80 persen dari total jumlah keseluruhan DPT,” katanya usai meninjau lokasi pemungutan suara mendampingi Walikota Airin Rachmi Diany, Rabu (9/7/2014).

Dia mencatat, dari hasil laporan pihak Ketua Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di tiap-tiap TPS, total keseluruhan jumlah DPT yang tidak hadir ataupun telat datang ke TPS sebanyak 192.009 DPT. Menurutnya, angka Golput itu terbilang kecil.

“Catatan kami sementara ini, usai proses penghitungan suara di tingkat TPS, rata-rata angka Golput terbilang kecil sekali. Saya meyakinkan animo masyarakat untuk datang ke TPS terbilang tinggi,” klaimnya.

Dikatakan Subhan, tingkat partisipasi pemilih untuk memberikan suaranya ke TPS tinggi, selain waktu pencoblosan dijadikan hari libur nasional.

Kesadaran diri untuk mau berpartisipasi ini menurutnya menjadi catatan sejarah terbaru dalam perjalanan pesta demokrasi di Tanah Air. **Baca juga: Ini Hasil Hitung Cepat Pilpres, Siapa Presiden RI ke Tujuh?

Dari total jumlah 959.146 DPT, angka itu dibagi untuk 2.410 TPS yang tersebar di Kota Tangsel. “Dominan proses pemilihan di TPS juga berjalan dengan lancar,” tambahnya.(yud)

Berita Terbaru