oleh

KPU Lebak Siapkan 900 Ribu Surat Suara Pilkada

Kabar6-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak, Banten, menyiapkan sebanyak 900.000 surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar pada Sabtu, 31 Agustus 2013.

“Kami belum mendistribusikan surat suara tersebut, beberapa petugas kini sedang mengerjakan pelipatan kertas suara itu untuk persiapan Pilkada,” kata CR Nurdin, anggota KPU Lebak, Kamis (15/8/2013).

Menurut Nurdin, pendistribusian kertas suara tersebut kemungkinan baru dapat dilakukan pada pekan depan. Pasalnya, setelah kertas suara dilipat, harus dimasukkan ke dalam kotak suara yang disegel sebelum dibuka di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kertas suara tersebut, kata Nurdin, akan didistribusikan ke 1.987 TPS yang tersebar di 345 desa/kelurahan di 28 kecamatan di Kabupaten Lebak.
“Pendistribusian surat suara akan dikawal ketat oleh petugas agar tidak terjadi kecurangan-kecurangan pada Pilkada,” ujar Nurdin.

Pengawalan ketat, imbuh Nurdin, dilakukan karena tofograpi Kabupaten Lebak memiliki pegunungan dan perbukitan.

“Selain itu juga karena masih banyak desa-desa tertinggal dengan kondisi infrastuktur jalan buruk, sehingga sulit untuk mendistribusikan dengan menggunakan kendaraan,” ucapnya.

Nurdin menyebutkan, karena sulitnya medan di Kabupaten Lebak, petugas harus berjalan kaki menuju TPS-TPS di desa tertinggal.

“Kami berharap pendistribusian surat suara berjalan lancar dan aman tanpa kendala,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya mengimbau agar masyarakat menciptakan suasana kondusif selama Pilkada yang akan digelar pada 31 Agustus 2013.

“Saya juga meminta masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Warga yang baik tentu memiliki tanggung jawab untuk memilih calon kepala daerah,” kata Mulyadi.(ant/yps)

Berita Terbaru