oleh

KPU Kota Tangerang Siapkan Fasilitas Bagi Disabilitas

image_pdfimage_print
KPU Kota Tangerang membahas hak pilih penyandang disabilitas.(iqmar)

Kabar6-Sebanyak 800 pemilih penyandang disabiitas di Kota Tangerang dipastikan mendapatkan hak pilihnya dalam penyelenggaraan Pilkada Banten 2017 pada Rabu (15/2/2017) mendatang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang, Sanusi mengatakan, dari total 1.127.914 Daftar Pemiih Tetap (DPT) di Kota Tangerang, tercatat ada 800 pemilih yang merupakan penyandang disabilitas.

“Ada 0,07 persen pemilih yang menyandang disabilitas dalam DPT di Kota Tangerang. Mereka kami harapkan bisa menyalurkan hak pilihnya saat pemungutan suara nanti,” kata Sanusi menjelaskan, Senin (13/2/2017).

Sanusi merinci, 800 pemilih penyandang disabilitas ini terbagi yakni 223 orang penyandang Tuna Daksa, 73 orang penyandang Tuna netra, 135 orang penyandang Tuna Rungu/Wicara, 295 orang penyandang Tuna Grahita, dan 74 orang penyandang disabiltas lainnya.

“Data ini tercatat jelas dalam DPT kita dan status disabilitasnya,” katanya.

Untuk mengakomodir para pemilih disabilitas ini, pihaknya telah menyertakan selembar alat baca surat suara Braille bagi penyandang Tuna Netra di setiap TPS. Selain itu, KPU juga menyediakan formulir A3, atau surat pendampingan bagi para penyandang disablitas.

“Prinsipnya, di setiap TPS, atau di 2.468 TPS di Kota Tangerang, KPU sudah siapkan masing-masing satu alat bantu pemungutan suara untuk Tuna Netra. Itu semua di siapkan karena KPU berprinsip melayani,” tegasnya.

Lebih lanjut Sanusi mengatakan bukan hanya melayani para pemilih disabilitas, dalam Pilkada Serentak 2017 ini ada aturan terbaru bahwa, dalam folmulir C1 diwajibkan bagi petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) mencatat data pemilih disabilitas yang memberikan hak pilihnya.**Baca juga: Pasukan Anti Politik Uang Disebar di Kabupaten Tangerang.

Selain itu, KPU juga menyiapkan TPS akses untuk memudahkan para penyandang disabilitas ini datang ke TPS guna menyalurkan hak pilihnya.**Baca juga: Polisi Juga Siaga di TPS di Rutan Jambe.

“Selain mencatat pemilih disabilitas yang mencoblos dalam formulir C1, kami juga sediaan TPS-TPS akses dimana ada pemilih yang menyandang disabilitas di TPS tersebut,” pungkasnya.(Bang Luhut)

Print Friendly, PDF & Email