oleh

KPU Kota Tangerang Siap Hadapi 2 Gugatan Pilkada di MK

Kabar6-Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang akan menghadapi gugatan yang diajukan oleh pihak pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota terkait hasil pelaksanaan Pilkada.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Kota Tangerang, Syafril Elain saat dihubungi kabar6.com, Kamis (12/9/2013) dini hari.

Menurut Syafril, sesuai isi keputusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), meski pelaksanaan dan hasil Pilkada diambil alih dan diputuskan oleh KPU Provinsi Banten, tapi sejak bertugas kembali pada 7 September, soal gugatan yang muncul menjadi tanggungjawab pihaknya.

“Jadi, begitu isi keputsan DKPP. Ya, tentunya kami akan hadapi gugatan yang muncul di persidangan,” ujar Syafril lagi.

Dijelaskan Syafril, pada Rabu (11/9/2013) pihaknya telah ke kantor MK guna mengecek soal gugatan hasil Pilkada Kota Tangerang yang masuk ke MK.

“Ada dua gugatan hasil Pilkada Kota Tangerang yang masuk ke MK. Satu gugatan diajukan oleh pasangan Harry Mulya Zein-Iskandar dan satu lagi diajukan oleh pasangan Abdul Syukur-Hilmi Fuad,” ujar Syafril.

Namun demikian, lanjutnya, hingga malam ini pihaknya masih belum menerima materi gugatan karena masih harus menunggu proses registrasi yang dilakukan MK.

“Ke dua gugatan itu baru diajukan hari ini. Jadi, kami tidak bisa langsung mendapatkan materi gugatan dimaksud untuk dipelajari,” ujar Syafril lagi.

Saat ini, kata Syafril, pihaknya masih menunggu materi gugatan dan penjadwalan proses sidang oleh MK.

Diketahui, Pilkada Kota Tangerang yang telah dihelat pada 31 Agustus 2013 lalu diikuti oleh 5 pasangan calon.

Yaitu, pasangan nomor urut 1 Harry Mulya Zein-Iskandar, nomor urut 2 Abdul Syukur-Hilmi Fuad, nomor urut 3 Dedi Swandi Gumelar-Suratno Abubakar, nomor urut 4 Ahmad Marju Kodri-Gatot Suprijanto dan nomor urut 5, Arief Wismansyah-Sachrudin.

Dan, hasil rapat pleno KPU Provinsi Banten di Hotel Olive, Karawaci, Kota Tangerang, pada Jumat (6/9/2013) lalu memutuskan, pasangan Arief Wismansyah-Sachrudin sebagai pemenang Pilkada Kota Tangerang.(tom migran)

Berita Terbaru