oleh

KPU Gelar Simulasi Tungsura untuk PPK

Kabar6-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara (Tungsura) untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di daerah setempat.

“Simulasi Tungsura ini digelar guna menguatkan pemahaman PPK akan teknis-tenis tungsura dan juga guna disebarluakan lagi ke tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS),” kata Banani Bahrul, Pengarah Pokja Tungsura KPU Kota Tangerang, Rabu (12/3/2014).

Dalam simulasi ini, kata Bahrul, anggota PPK mempraktekkan semua proses pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), seperti di TPS sesuangguhnya.

“Kelengkapannya, mulai dari kotak suara, bilik suara, surat suara, dan kelengkapan KPPS lainnya persis seperti saat pencoblosan 9 April nanti. Sehingga dapat diketahui solusi apa yang perlu dilakukan manakala ada kendala saat pemungutan dan penghitungan suara kelak,” jelasnya.

Sebelum menggelar simulasi, KPU juga melakukan bimbingan teknis (Bintek) kepada anggota PPK soal tata cara pemungutan dan pengghitungan suara.

“Harapan kami, saat PPK menggelar bintek Tungsura ke PPS dan PPS ke KPPS, simulasi ini bisa dilakukan oleh masing-masing tinggkatan,” tandasnya.

Setelah simulasi Tungsura di tingkat KPU, selanjutnya dijadwalkan mulai 13-20 Maret mendatang, PPK sudah bisa menggelar bintek dan simulasi tungsura kepada PPS di masing-masing wilayah.

Sedangkan untuk bintek Tungsura bagi KPPS nantinya akan digelar oleh PPS mulai 21-30 Maret mendatang.

Ketua PPK Tangerang Yahya Suhada mengatakan, setelah simulasi di KPU, pihaknya akan segera menggelar bintek Tungsura untuk para anggota PPS, Kamis (13/3/2013). **Baca juga: Ratusan Pelajar Bersajam Diamankan Polsek Ciputat.

Bintek ini harus segera dilakukan guna pemantapan pelaksanaan teknis Tungsura di lapangan. “Kami sudah siap mentransformasi teknis Tungsura ke PPS besok (hari ini),” tandasnya. (Iqmar)

Berita Terbaru