oleh

Kotak Kosong Berpotensi Jadi Lawan Kuat Zaki-Romli di Pilkada 2018

Kabar6-Kotak kosong diprediksi bakal jadi lawan kuat Ahmed Zaki Iskandar-Mad Romli (Zaki-Romli) di Pilkada 2018 Kabupaten Tangerang.

Direktur Eksekutif Komunike Tangerang Utara Budi Usman mengatakan masyarakat diperbolehkan untuk menyosialisasikan kotak kosong. Sebab, hal itu menjadi bagian dari upaya untuk menyelenggarakan pemilu yang demokratis.

“Dengan situasi calon tunggal, kampanye diberikan ruang bagi pasangan calon atau masyarakat yang tidak setuju dengan pasangan calon. Masyarakat boleh kampanye, menyampaikan atau mengimbau masyarakat untuk memilih kotak kosong,” ungkap mantan Anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tangerang, Rabu (17/1/2018).

Meski begitu, kata Budi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak bisa memfasilitasi masyarakat yang mau kampanye kotak kosong. Hal itu mengingat tidak ada regulasi yang mengatur untuk memberikan fasilitas kepada kelompok masyarakat yang ingin mewakili kotak kosong dalam berkampanye.**Baca Juga: Banyak Kapal Nganggur, Pelayanan di Pelabuhan Merak Belum Maksimal.

“Dengan tidak adanya larangan menyosialisasikan kotak kosong pada Pilkada Kabupaten Tangerang artinya setiap orang bebas untuk menyosialisasikan kotak kosong. Namun, ada yang perlu menjadi perhatian terkait sosialisasi kotak kosong. Antara lain, agar tidak sampai sosialisasi itu justru terjerumus pada kegiatan black campaign bernuansa fitnah dan Hoax kepada Pasangan Calon,” pungkasnya.(az)

Berita Terbaru