oleh

Kota Ini Hanya Punya 12 Orang Penduduk

Kabar6-Biasanya populasi penduduk sebuah kota berjumlah ratusan bahkan ribuan orang. Namun populasi penduduk di kota yang satu ini layaknya jumlah anggota keluarga dalam satu rumah

Innamincka, sebuah kota terpencil di Australia Selatan, hanya berpenduduk 12 orang saja. Melansir MSN, kota yang dikunjungi lebih dari 50 ribu orang setiap tahun ini terletak lebih dari 800 kilometer timur laut Adelaide, Australia Selatan dan berbatasan dengan Queensland, akan menjadi rumah bagi klinik Layanan Terbang Dokter Kerajaan (RFDS). Klinik ini akan dilayani oleh dokter dan perawat yang akan terbang setiap hari dari Broken Hill, di New South Wales bagian barat.

Tapi pada hari-hari di mana klinik tersebut tidak memiliki staf, pasien yang datang akan tetap dapat mengakses layanan melalui klinik kesehatan jarak jauh atau telehealth di mana mereka dapat diobservasi dari jarak jauh oleh dokter.

Jenny Beach, manajer pengembangan layanan kesehatan RFDS, mengatakan bahwa klinik ‘kesehatan jarak jauh’ ini akan memungkinkan seorang pasien menjalani serangkaian observasi penuh, bahkan ketika tidak ada perawat yang bertugas di kota itu sekalipun. “Dokter akan dapat melihat…pada dasarnya dapat melakukan penilaian yang jauh lebih baik.”

Model layanan kesehatan swalayan seperti ini, dijelaskan Jeanny Beach, sedang diluncurkan di sejumlah lokasi regional yang dapat mengubah pengiriman tenaga kesehatan di daerah terpencil.

Pemerintah Australia Selatan telah mendanai sekira setengah dari US$800 ribu untuk membangun klinik kesehatan jarak jauh ini melalui Dana Pertumbuhan Regional negara bagian. Menteri Pembangunan Regional Tim Whetstone menjelaskan, layanan itu sudah lama tertunda. “Kami merasa memiliki fasilitas permanen di Innamincka adalah yang diharapkan masyarakat pedalaman,” kata Whetstone. “(Innamincka) juga memiliki lebih dari 50 ribu turis yang melewati kota ini setiap tahun.”

Selain ruang untuk perawat, dokter praktik umum dan spesialis gigi, klinik baru ini juga akan memiliki ruang yang didedikasikan untuk layanan kesehatan mental. ** Baca juga: Wanita Asal Australia Ini Baru Merasakan Jatuh Cinta di Usia 90 Tahun

Jeany Beach mengatakan, RFDS berusaha membantu orang-orang di daerah menghadapi banyak masalah kesehatan mental yang mereka alami seumur hidup yang tidak nyaman didiskusikan banyak orang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru