oleh

Kota Hantu yang Ada di Dunia (Bagian 1)

Kabar6-Anda mungkin sering mendengar istilah kota hantu dalam kisah di film-film. Tempat yang digambarkan sepi sekaligus seram itu, membuat orang takut untuk mendatanginya.

 

Tapi dalam kehidupan nyata, sebenarnya ada gak sih kota hantu itu? Yuk simak beberapa tempat di belahan dunia ini yang dijuluki sebagai kota hantu:

 

1. Garnet, negara bagian Montana, Amerika Serikat

Dulu, Garnet merupakan tempat tinggal para penambang emas. Sekitar 1900-an, kota ini ditinggalkan penghuninya. Para pengunjung Kota Garnet sering mendengarkan suara piano, serta penampakan misterius atau suara-suara aneh. Meskipun menyeramkan, Garnet dikunjungi wisatawan 16 ribu orang per tahun.

 

2. Butugychag, Rusia

Kota ini terletak di Timur Laut Rusia. Sekitar 1945 dan 1955, kota tersebut dijadikan kamp penjara. Para tahanan dipaksa untuk menambang uranium. Kurang lebih 400 ribu tahanan meninggal dalam kondisi buruk akibat radiasi.

 

Diduga, Butugychag menjadi fasilitas riset medis rahasia milik Pemerintah yang melakukan eksperimen rahasia pada para tahanan. Hingga kini tak seorang pun yang diperbolehkan memasuki kota Butugychag, karena level radiasi yang sangat berbahaya.

 

3. Oradour-sur-Glane, Prancis

Pada 10 Juni 1944, sebanyak 642 penduduk Desa Oradour-sur-Glane dibunuh oleh tentara Nazi, termasuk 205 anak-anak, dikunci dalam sebuah lumbung, gudang, dan gereja. Selanjutnya, tentara Nazi membakar bangunan-bangunan tersebut.

 

Hanya tujuh penduduk desa yang selamat, enam di antaranya bersembunyi di bawah tubuh para tetangga mereka yang sudah meninggal. Desa tersebut tidak pernah dibangun kembali, dan menjadi memorial permanen bagi para korban, untuk mengingat kekejaman Nazi.

 

4. Inchkeith Island, Skotlandia

Merupakan pulau kecil di lepas pantai Skotlandia. Pada 1400-an, pulau ini pernah digunakan sebagai zona karantina penderita siphilis. Mereka berada di sana hingga sembuh.

 

Namun pulau ini lebih dikenal karena percobaan terlarang yang pernah dilakukan Raja James ke-4. Dalam percobaan tersebut, ia membuang dua anak laki-laki, untuk dibesarkan oleh seorang wanita bisu.

 

Tujuannya adalah untuk menemukan bahasa asli Tuhan. Meski belum bisa dibuktikan, kabarnya dua anak laki-laki tersebut tumbuh dan bicara bahasa Hebrew. Kini pulau tersebut menjadi milik Sir Tom Farmer, seorang pria dermawan. ** Baca juga: Wah…Ada Burger yang Terbuat Dari Kodok

 

5. Bodie, California, Amerika Serikat

Pada 1870 merupakan salah satu kota ramai saat penambangan emas sedang berjaya. Dalam waktu 50 tahun, kota ini ditinggalkan, karena emas mulai habis. Sejak awal 1915, Bodie telah mendapat reputasi sebagai kota hantu. Dikelilingi oleh pemakaman, kota ini menarik perhatian mereka yang suka petualangan dan penasaran dengan misteri hantu. Bodie dikunjungi hingga 200 ribu wisatawan per tahun.(ilj/bbs)

 

Bersambung…

Berita Terbaru