oleh

Kota Collecchio di Italia Perbolehkan Warganya Menyalakan Kembang Api Tanpa Suara

Kabar6-Collecchio, sebuah kota di Provinsi Parma, Italia, membuat peraturan khusus yang melarang warganya menyalakan kembang api bersuara bising agar tidak mengganggu hewan.

Pemerintah setempat, seperti dilansir huffingtonpost, memperbolehkan warganya menyalakan kembang api tanpa suara. Diketahui, ada jenis kembang api khusus yang tidak disertai suara ledakan, salah satu produsen kembang api yang dimaksud adalah Setti Fireworks, perusahaan asal Italia yang didirikan Fransesci Setti dan Fabio Palazzi.

Perusahaan ini dalam situs resminya menyediakan beraneka jenis kembang api untuk keperluan perayaan dan hiburan, termasuk salah satunya kembang api tanpa suara bising. Meskipun deikian, kembang api ini tidak 100 persen tanpa suara, namun suaranya sangat minim sehingga tidak membuat kaget orang yang mendengarnya.

Dalam sejumlah penelitian disebutkan bahwa efek suara ledakan kembang api mampu membuat hewan peliharaan menjadi panik dan stres. Rasa takut ini berisiko membuat hewan kabur dan berlarian ke jalan, sehingga membahayakan baik bagi hewan maupun manusia.

Pada malam tahun baru, di beberapa negara tercatat sejumlah kasus kecelakaan mobil akibat menabrak rusa yang kabur dari hutan ke jalan raya. Begitu pula dengan laporan kasus kehilangan anjing peliharaan yang kabur dari rumah setelah mendengar ledakan kembang api.

Kepanikan yang dirasakan hewan kerap disertai dengan disorientasi, di mana hewan kesulitan mencari jalan pulang. Inilah yang membuat kasus kehilangan hewan di malam tahun baru cukup sulit untuk dituntaskan. ** Baca juga: Diusir dari Pesawat Karena Mengeluh Banyak Nyamuk

Nah, salah satu cara untuk mencegah hewan kabur saat pesta kembang api yakni memasukkan hewan ke dalam rumah dan memastikan seluruh pintu dan jendela terkunci. Atau mendampingi sekaligus menengkan mereka agar tidak terlalu panik.(ilj/bbs)

Berita Terbaru