Korek Api Gas ‘Bersemayam’ dalam Lambung Seorang Pria Florida

Foto rontgen memperlihatkan korek api gas dalam lambung.(Livescience)

Kabar6-Lantaran mengeluh sakit perut, mual dan muntah, seorang pria asal Florida, AS, yang tak disebutkan identitasnya ini pun dilarikan ke ruang gawat darurat sebuah rumah sakit.

Siapa sangka, penyebab sakit perut yang selama ini diderita pria berusia 49 tahun itu ternyata gara-gara korek api gas yang ditemukan dalam lambungnya.

“Meskipun tes darah dan urine pria itu normal, sinar X menunjukkan temuan yang aneh, ada benda asing menyerupai pemantik rokok di dalam perut,” demkian keterangan dokter yang merawat pria tersebut.

Bahan bakar korek api gas dalam perut pria tadi, dilansir Livescience, ternyata sudah bocor sehingga menyebabkan maag atau lubang di lapisan perutnya. Disebutkan, ini merupakan kasus ketiga dalam literatur medis perihal seseorang yang menelan korek api gas, dan pertama kalinya terjadi di AS.

Dua kasus sebelumnya, dokter perlu mengeluarkan korek api karena telah menyebabkan penyumbatan pada usus besar. Namun kasus terbaru ini lebih mendesak, karena pemantiknya bocor.

“Ulkus (luka terbuka pada permukaan kulit ) dari benda asing tidak begitu umum,” kata Dr. Asim Shuja, seorang ahli gastroenterologi di University of Florida College of Medicine yang merawat pria itu. Tapi dalam kasus yang jarang terjadi, benda tertentu bisa menimbulkan masalah.

Terkadang ada orang menelan barang dengan sengaja, dan ini disebabkan karena penyakit jiwa atau keinginan untuk menyakiti diri sendiri. Dalam kasus ini, pasien diketahui sebelumnya pernah dirawat di rumah sakit setelah menelan satu sendok.

“Pasien kami memiliki sejarah menelan benda-benda seperti sendok dan pisau cukur di masa lalu,” kata Shuja. ** Baca juga: Peraturan di 4 Negara yang Tak Masuk Akal

Waduh…(ilj/bbs)