oleh

Korban Kecelakaan Kerja di Cilegon Meningkat

Kabar6-Angka kasus kecelakaan kerja di wilayah Kota Cilegon, Banten, selama 2015 mengalami peningkatan.

 

Merujuk data Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon, terjadi ratusan kasus kecelakaan kerja, dengan total korban sebanyak 325 orang, dengan jumlah korban meninggal dunia sebanyak 11 orang.

 

Angka kecelakaan kerja tersebut melesat pesat jika dibandingkan pada 2014 lalu, yang jumlah korbannya hanya mencapai  259 orang, dengan korban meninggal dunia enam orang.

 

Kepala Bagian Pengawasan Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) Disnaker Kota Cilegon, Tuti Rindawati, mengatakan kasus kecelakaan kerja ini terjadi akibat beberapa faktor.

 

Bukan hanya sekadar kelalaian saat bekerja, karena ada juga kecelakaan yang terjadi di luar tempat kerja.

 

“Kecelakaan di luar tempat kerja misalnya, saat karyawan mengalami kecelakaan saat berangkat maupun pulang dari tempat kerja,” kata Tuti kepada kabar6.com di ruang kerjanya, Kamis (19/11/15).

 

Tuti menjelaskan, sebagian besar kasus kecelakaan kerja di Kota Cilegon didominasi oleh perusahaan yang bergerak di bidang kontruksi.  Terlebih, saat ini di Cilegon banyak pengerjaan kontruksi yang sedang berlangsung.

 

“Dari total kasus kecelakaan kerja yang terjadi tahun 2015, tercatat ada 184 pekerja yang sembuh. Sebanyak 128 pekerja tercatat tidak mampu bekerja lagi, dua pekerja cacat dan 11 pekerja meninggal duania,” jelasnya.

 

Guna mengantisipasi jaminan sosial terhadap para pekerja, Kepala Disnaker Kota Cilegon, Erwin Harahap, meminta seluruh perusahaan yang ada di Kota Cilegon untuk mengikuti anjuran Pemkot Cilegon, mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. ** Baca juga: Tolak PP 78/2015, Ribuan Buruh Bertemu di Perbatasan Tangerang-Serang

 

“Semua perusahaan harus mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS, selain sebagai perlindungan bagi tenagakerja, kepesertaan BPJS juga akan sangat membantu perusahaan, apabila terjadi kecelakaan kerja terhadap pekerjanya,” harapnya.(sus)

Berita Terbaru