oleh

Konsumsi Youghurt pun Miliki Aturan

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Yoghurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt.

Apakah Anda sering mengonsumsi yoghurt setiap waktu? Kapan sih waktu terbaik untuk mengonsumsi yoghurt untuk mendapatkan manfaat terbaik? Dikutip dari Pesona, berikut uraiannya:

1. Hindari konsumsi yoghurt sebelum makan
Ketika lapar, kadar asam pada lambung sedang tinggi. Jika Anda mengonsumsi yoghurt, asam laktat di dalam yoghurt akan membunuh asam pada lambung, sehingga daya tahan tubuh akan menurun.

2. Saat makan
Anda bisa memasukkan yoghurt ke dalam bahan makanan. Contoh di India, biasanya dicampur bersama nasi. ** Baca juga: Konsumsi Ikan Asin Bareng Nasi Panas Tidak Sehat?

3. Setelah makan
Inilah waktu terbaik makan yoghurt, yaitu 1-2 jam setelah makan. Pada saat ini, konsentrasi asam pada lambung mendukung berkembangnya asam laktat. Anda bisa mendapatkan manfaat lebih jika mengonsumsi yoghurt usai makan malam. Kandungan casein pada yoghurt berguna untuk pertumbuhan otot.

4. Hindari yoghurt sebagai pengganti makan
Jangan mengganti makan Anda dengan hanya semangkuk yoghurt. Alasannya, yoghurt hanya sebentar mengenyangkan. Akibatnya, Anda malah bisa mengonsumsi makanan berlebih.

Konsumsi yoghurt tepat waktu tentu akan memberikan manfaat maksimal bagi tubuh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru