oleh

Konsumsi Suplemen Saat Stres, Bolehkah?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Di pasaran banyak dijual suplemen yang berkhasiat untuk meningkatkan stamina tubuh. Nah, terdapat suplemen tertentu yang tidak hanya meningkatkan kesehatan, tapi juga membantu Anda merasa lebih tenang dan kembali memulihkan tubuh dari stres.

Diketahui, vitamin C yang terkenal sebagai antioksidan pencegah penyakit kanker, juga dapat meredakan stres.

Para ahli di grounbreaking University of Alabama, dikutip dari perempuan.com, menemukan bahwa vitamin C dapat menghentikan pelepasan hormon stres pembuat masalah seperti cortisol.

Hormon ini menurunkan sistem imun dan membuka pintu terhadap pilek dan penyakit stres lainnya. Untuk mengantisipasinya, Anda dapat meningkatkan intake harian vitamin C sampai 1.000mg.

Magnesium dijuluki sebagai mineral anti stres, karena di saat stres, tubuh menggunakan lebih banyak magnesium dibanding kondisi Anda yang normal. Tubuh mengambilnya di mana saja yang bisa terambil.

Akibatnya, tubuh kekurangan magnesium sehingga menyebabkan pelepasan lebih banyak hormon stres serta makin banyak magnesium yang dikurasnya. Jadi konsumsi suplemen atau multivitamin yang mengandung magnesium sebanyak 800mg sehari, jika Anda sedang mengalami stres.

Sementara itu suplemen minyak ikan dapat meredakan stres, orang-orang yang mendapatkan 7,2gr minyak ikan sehari selama tiga minggu, mempunyai kadar hormon stres yang lebih rendah di tengah situasi yang membuat cemas.

Kandungan DHA di dalam minyak ikan membantu mengatur zat kimia otak yang menimbulkan rasa senang. ** Baca juga: Hindari Paparan Lampu Pada Malam Hari Bantu Tubuh Langsing

Jadi saat Anda stres, konsumsilah suplemen untuk membantu mengatasi hal tersebut. Namun ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.(ilj/bbs)

Berita Terbaru