oleh

Konsumsi Setidaknya 10 Porsi Buah & Sayur, Tekan Risiko Kematian Dini

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sekelompok ilmuwan di Imperial College London menemukan fakta bahwa orang dewasa yang mengonsumsi setidaknya gabungan 10 porsi buah dan sayur, memiliki risiko lebih kecil terhadap kematian dini.

“Namun sebanyak lima porsi buah dan sayur juga sudah cukup membantu meminimalisir ancaman buruk tersebut,” ujar Dr. Dagfinn Aune, kepala riset terkait.

Jumlah berat pasti dari takaran 10 porsi buah dan sayur adalah sebanyak 800 gram. Dikutip dari Esquire, maksud dari mencegah kematian dini adalah mengurangi risiko terkena penyakit kronis, seperti kanker, gangguan hati, stroke, dan penyakit kardiovaskular.

Namun Anda pun harus cermat memilih sayur dan buah-buahan, karena tidak semua jenis memiliki manfaat. Buah berwarna hijau, kuning, merah dan warna persilangan di antara ketiganya, dapat mengurangi risiko kanker. Buah-buahan yang dimaksud antara lain buah pisang, kiwi, dan alpukat.

Sedangkan buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi seperti apel dan jeruk, sangat bermanfaat untuk membantu memperkuat fungsi jantung.

Sementara itu konsumsi sayuran hijau sangat disarankan untuk mencegah munculnya gejala stroke dan pelemahan jantung. Khusus sayuran hijau kaya serat, seperti bayam dan brokoli, memiliki manfaat tambahan karena mengandung antioksidan yang tinggi.

Diketahui, antioksidan dibutuhkan tubuh untuk menangkal efek buruk radikal bebas yang berisiko sebabkan perlambatan regenerasi sel. ** Baca juga: Anjuran Konsumsi Obat Setelah Atau Sebelum Makan, Apa Bedanya?

Dikatakan Dr. Dagfinn, mereka masih membutuhkan penelitian lebih jauh untuk menemukan keterkaitan manfaat baik buah dan sayuran dengan kebutuhan tubuh untuk melindungi serta memperbaiki diri dari serangan penyakit.

Nah, jangan lewatkan buah dan sayuran dalam menu Anda sehari-hari ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru