oleh

Konsumsi Sayuran Hijau & Ikan Bantu Jaga Kesehatan Mata

Kabar6-Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata. Salah satunya dengan menghindari kegiatan membaca atau menonton televis dalam ruangan yang memiliki pencahayaan kurang baik.

Ternyata selain hal itu, cara alami yang disarankan adalah dengan mengonsumsi sayuran hijau dan ikan karena merupakan sumber makanan terbaik untuk kesehatan mata dan penglihatan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah jenis sayuran dan ikan yang dimaksud:

1. Sayuran hijau
Bayam, selada, kale, dan brokoli dianggap sangat baik buat mata. Kale, mengandung lutein dan zeaxanthin yang dipercaya bisa mengurangi risiko katarak dan degenerasi makular yang biasanya terjadi akibat pertambahan usia. Penyakit ini mempengaruhi retina dan bisa berakibat kehilangan penglihatan.

2. Ikan
Konsumsi ikan cukup dua kali seminggu. Salmon, sarden, dan mackerel adalah jenis ikan yang sangat baik buat kesehatan mata karena mengandung asam lemak omega-3 yang bisa melindungi jantung dan mata. Hindari konsumsi ikan hasil pembiakan untuk menghindari kontaminasi zat-zat berbahaya, seperti logam dan merkuri.

3. Buah merah & biji-bijian
American Academy of Ophthalmology menyarankan pola makan yang kaya buah-buahan berwarna merah, sayuran, beras atau gandum, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Perbanyak makanan yang mengandung seng serta antioksidan yang baik buat kesehatan mata. Vitamin C dan E, betakaroten, dan selenium semuanya menjaga aliran darah dan sangat bermanfaat buat mata. ** Baca juga: Beberapa Alasan yang Jadi Penyebab Anda Makan Berlebihan

Jangan abaikan masalah kesehatan mata.(ilj/bbs)

Berita Terbaru