Konsumsi Makanan yang Baik untuk Cuaca Ekstrem Agar Daya Tahan Tubuh Kuat

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Cuaca ekstrem beberapa waktu belakangan ini di satu sisi menimbulkan berbagai penyakit yang membuat kita harus lebih menjaga kesehatan. Cara terbaik untuk melindungi tubuh dari penyakit adalah dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Nah, bagaimana memperkuat sistem kekebalan tubuh? Salah satunya adalah dengan mengonsumsi beberapa makanan yang baik untuk daya tahan tubuh saat cuaca ekstrem. Dilansir Meetdoctor, ini dia jenis makanan yang dimaksud:

1. Makanan kaya serat
Jika ingin bakteri di tubuh bekerja, Anda harus memberi mereka makanan yang tepat, yaitu kaya serat seperti buah dan sayuran. Jangan memberikan makanan olahan seperti lemak dan gula, karena tubuh tidak terlalu suka. Itu sebabnya, makanan yang bergizi seimbang sangat disarankan agar kekebalan tubuh Anda mampu melawan virus dan infeksi.

2. Prebiotik & probiotik
Anda ingin mengumpulkan bakteri sehat di tubuh Anda? Berikan prebiotik. Konsumsilah makanan yang kaya prebiotik setiap hari. Beberapa sumber makanan prebiotik terbaik antara lain asparagus, bawang putih, kacang-kacangan, gandum, ubi jalar, apel, pisang, buah beri, biji rami dan biji chia.

Sementara itu, probiotik (bakteri itu sendiri) membantu kita tetap sehat dan pulih lebih cepat begitu kita sakit. Beberapa sumber probiotik terbaik antara lain yoghurt, keju, acar, asinan kubis, kimchi, miso, dan tempe

Mengonsumsi banyak prebiotik dan probiotik akan membantu Anda melawan virus dan infeksi bakteri.

Banyak konsumsi buah dan sayuran untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan sistem kekebalan tubuh Anda. Termasuk zat besi, seng, magnesium, mangan, selenium, tembaga, asam folat dan vitamin A, C, D, E, B6 dan B12. ** Baca juga: Menurut Studi, Polusi Asap Ganggu Kesuburan Pria

Jadi tidak bisa ditawar lagi bahwa diet seimbang yang sehat yang mendukung sistem kekebalan tubuh Anda adalah pilihan terbaik untuk menghindari sakit.(ilj/bbs)