Konsumsi Madu Ada Aturannya, Lho

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Sepanjang sejarah, madu sudah digunakan manusia untuk mengobati berbagai jenis penyakit, namun baru beberapa periode ini antiseptik dan antibakteri yang berasal dari madu bisa dijelaskan secara kimiawi.

Kandungan nutrisi dalam madu memang terkenal sejak ribuan tahun lalu. Khasiatnya untuk kesehatan membuat madu menjadi salah satu makanan super. Meskipun demikian, seperti dilansir Teen, bukan berarti Anda bisa sesuka hati mengonsumsi madu, lho. Ternyata, ada aturan mengonsumsi madu yang harus diperhatikan agar mendapat manfaatnya. Apa sajakah itu?

1. Perhatikan takaran madu sebagai pengganti gula
Sama seperti gula, madu adalah salah satu pemanis alami sehingga memiliki potensi menaikkan kadar gula dalam darah. Karena itulah, konsumsi madu sebagai pengganti gula sebaiknya tidak berlebihan, terutama bagi penderita diabetes. Madu juga memiliki jumlah kalori lebih banyak dibanding gula pasir.

Satu sendok teh madu mengandung 21 kalori, sedangkan gula hanya 17 kalori. Jadi, untuk mengganti konsumsi harian gula dengan madu, kita harus mengurangi sepertiganya. Jika sehari konsumsi gula per hari yang disarankan sekira enam sendok teh, maka untuk madu cukup dua sendok teh saja.

2. Waktu terbaik konsumsi madu
Meskipun madu dapat dikonsumsi tiga kali sehari pada pagi, siang, dan malam, waktu terbaik untuk mengonsumsi madu adalah pada pagi hari. Madu akan membantu menyediakan cukup energi untuk menunjang aktivitas tubuh dan otak, juga meningkatkan produksi hormon serotonin atau hormon penyebab perasaan bahagia untuk menjaga suasana hati seharian.

3. Cara minum madu
Minum madu bisa dilakukan secara langsung ataupun dicairkan terlebih dulu dengan air. Jika ingin mengonsumsi madu dengan air, sebaiknya campur madu dengan air bersuhu normal. Hindari mencampur madu dengan air panas atau dingin karena akan merusak beberapa enzim penting dalam madu sehingga mengurangi manfaatnya. ** Baca juga: Mengapa Disarankan untuk Rutin Konsumsi Ikan?

Mencampur madu dengan air akan membantu penyerapan energi dalam tubuh lebih cepat jika dibandingkan mengonsumsi madu secara langsung. Saat menikmati madu, juga disarankan untuk tidak menggunakan sendok logam karena bahan tersebut dapat bereaksi dengan unsur-unsur dalam madu sehingga dapat menurunkan kualitas madu yang kita konsumsi. ** Baca juga: Europixpro Door, Produk Anak Negeri Berkualitas Dunia

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)