oleh

Konsumsi Kopi Berikan Efek Positif Bagi Program Diet

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekira 3000 tahun (1000 SM) yang lalu.

Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Namun tahukah Anda ternyata kopi hitam bisa menjadi salah satu menu dalam program diet? Dikutip dari Beautynesia, berikut uraiannya:

1. Tingkatkan pembakaran lemak pada tubuh
Kandungan kafein di dalam kopi sangat efektif untuk merangsang lipase, yaitu enzim yang membantu memecah lemak selama proses pencernaan. Lipase perlu mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol agar lemak di dalam tubuh dapat terbakar.

Pembakaran lemak dalam tubuh biasanya butuh waktu kira-kira 20 menit, karena lemak yang akan dibakar harus dipecah terlebih dahulu. Selain kafein, kandungan sejumlah asam klorogenat (chlorogenic acid) juga dapat membantu menstimulasi tubuh untuk membakar lemak. Kombinasi kafein dan asam klorogenat ini merupakan alasan utama mengapa kopi bisa sangat efektif untuk program diet.
 
2. Tingkatkan metabolisme tubuh
Semakin tinggi tingkat metabolisme tubuh, semakin tinggi juga kemungkinan untuk menurunkan berat badan. Kafein dipercaya mampu melancarkan peredaran darah, yang berdampak positif terhadap kinerja metabolisme tubuh. Sebuah studi membuktikan bahwa kafein dapat meningkatkan metabolisme tubuh sekira 3-11 persen.

3. Kafein punya sifat diuretik
Sifat diuretik yaitu meningkatnya laju pembentukan urine, yang dapat mencegah terjadinya edema karena membantu mengeluarkan kelebihan cairan serta produk buangan lainnya dari dalam tubuh. Edema memiliki efek negatif bagi program diet karena dapat mengganggu metabolisme tubuh.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu banyak memakai gula pada kopi, karena hal itu sama dengan menambahkan kalori pada minuman.
Meskipun kopi dapat membantu membakar lemak, bukan berarti Anda hanya minum kopi tanpa mengubah pola makan lho.

Waktu terbaik mengonsumsi kopi untuk dapatkan manfaat pembakaran lemak yang lebih efektif adalah 20-30 menit sebelum melakukan latihan. Tidak perlu terlalu banyak, satu cangkir kopi sebelum latihan sudah cukup. ** Baca juga: Kapan Waktu Tepat Konsumsi Buah?

Mengonsumsi kopi usai makan juga dapat memberikan rasa kenyang, sehingga menghindarkan diri dari makan berlebih. Secangkir kopi mungkin bisa menjadi pengganti yang tepat untuk makanan penutup yang biasanya banyak mengandung gula.(ilj/bbs)

Berita Terbaru