oleh

Konsumsi Kafein Dapat Timbulkan Rasa Lapar?

Kabar6-Sejumlah minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi, atau minuman bersoda diketahui dapat menimbulkan berbagai efek samping, tergantung pada jumlah kafein yang dikonsumsi.

Banyak yang percaya, kafein dapat menimbulkan rasa lapar. Benarkah demikian? Kafein, melansir healthyeating.sfgate, tidak membuat Anda merasa lapar. Justru sebaliknya, mengonsumsi kafein dapat menurunkan nafsu makan untuk sementara waktu. Namun bukan berarti bahwa mengonsumsi kafein merupakan salah satu cara untuk membantu menurunkan berat badan, lho.

Para ahli belum menemukan bukti kuat bahwa mengonsumsi kafein secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan. Meskipun kemampuan kafein untuk menekan nafsu makan cukup menggoda, para ahli tidak menganjurkan Anda mengonsumsi lebih banyak kopi untuk mengurangi nafsu makan, terutama bila Anda masih dalam masa pertumbuhan (anak-anak dan remaja).

Jangan gantikan konsumsi air putih dan susu yang sehat dengan kopi yang tidak mengandung cukup banyak nutrisi. Mengonsumsi kafein memang dapat menekan nafsu makan dan rasa lapar, akan tetapi konsumsi kafein juga memiliki berbagai efek samping. Kafein dapat membuat Anda merasa gelisah atau cemas dan menyebabkan peningkatan denyut jantung.

Selain itu, kafein juga dapat membuat Anda lebih sering buang air kecil, dan kadang juga dapat menyebabkan rasa mual. Konsumsi minuman berkafein juga dapat mengganggu tidur, terutama bila Anda mengonsumsi minuman berkafein ini dekat dengan waktu tidur.

Mengonsumsi kafein dalam jumlah sedikit atau sedang dapat mencegah terjadinya berbagai efek samping yang tidak diinginkan, akan tetapi hal ini juga tergantung pada metabolisme tubuh dan toleransi Anda terhadap stimulan. ** Baca juga: 6 Makanan Sehat yang Ternyata Bisa Picu Kantuk

Konsumsi kafein dalam jumlah sedang adalah sekira 200-300 mg kafein setiap harinya, yaitu sama dengan 2-4 gelas kopi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru