oleh

Konsumsi Gula Berlebihan Picu Sugar Face

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Dalam keseharian, bisa jadi Anda tidak sadar jika telah banyak mengonsumsi gula. Diketahui, keiasaan itu dipercaya bisa memicu berbagai macam penyakit seperti diabetes, masalah pada hati dan ginjal.

Ternyata tidak hanya itu, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi gula juga bisa berdampak pada wajah. Dilansir dari The Independent, mengkonsumsi gula terlalu tinggi dipercaya bisa memicu sugar face.

Tanda-tanda sugar face, dikutip dari lifestyle.sindonews.com, bisa dilihat dari munculnya lingkaran hitam di bawah mata, jerawat dan kulit pucat.

“Makanan manis memiliki indeks glikemik yang tinggi yang mengakibatkan beban gula pada tubuh naik dengan cepat dan membuat fluktuasi pada hormon insulin. Hal ini dapat menyebabkan resistensi insulin yang dapat mempercepat proses penuaan,” papar The British Association of Dermatologist, Dr Tamara Griffithd.

Penelitian juga menemukan bahwa mengkonsumsi gula secara berlebih juga bisa menyebabkan penuaan lebih awal. Pasalnya, gula akan memecah kolagen di kulit, dan gula akan mengganggu pengikatan kolagen. Akibatnya, kulit pun akan tampak pucat dan tidak segar.

“Menelan makanan manis berdampak langsung terhadap penuaan kulit karena merusak produk akhir glikasi lanjut (AGEs) yang mengikat kolagen dan komponen kulit lainnya,” pungkasnya.

Dikatakan peneliti lain, gula bisa membuat dehidrasi, membuat produksi minyak naik, kulit kasar dan keluarnya jerawat. ** Baca juga: Mana yang Bikin Cepat Gemuk, Nasi Putih atau Mie Instan?

Solusinya, para ahli menyarankan untuk melakukan diet seimbang dan gaya hidup sehat. National Health Service menyarankan untuk mengonsumsi gula tidak lebih dari 30 gram setiap harinya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru