oleh

Konsumsi Gorengan Secukupnya Saja

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Gorengan adalah salah satu camilan yang menjadi kegemaran masyarakat Indonesia, mungkin juga termasuk Anda. Selain murah meriah, rasa gurih gorengan memang membikin orang yang menyantapnya jadi ketagihan.

Padahal, mengonsumsi gorengan secara berlebihan tentu bisa berimbas kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Diketahui, minyak yang digunakan untuk menggoreng, seringkali dipakai secara berulang-ulang. Dikutip dari doktersehat.com, minyak inilah yang membuat gorengan memiliki banyak lemak trans.

Artinya, ketika Anda mengonsumsi gorengan secara berlebihan, akan meningkatkan risiko terkena beberapa penyakit berbahaya antara lain seperti kolesterol tinggi, obesitas, tekanan darah tinggi, hingga penyakit jantung.

Bahkan, penelitian yang dilakukan oleh Fred Hutchinson Cancer Research Center merilis fakta di mana jika seorang pria mengkonsumsi gorengan cukup banyak, maka ia pun beresiko terkena kanker prostat.

Jika kita tidak bisa mengendalikan diri dalam mengkonsumsi gorengan, maka akan berisiko meningkatkan kadar kolesterold dalam darah. Kolesterol jahat pada akhirnya bisa membentuk plak pada pembuluh darah dan jika plak ini semakin menumpuk, maka aliran darah pun bisa tersumbat dan bisa berisiko menyebabkan serangan jantung.

Bagi ibu hamil, mengonsumsi gorengan yang berlebihan ternyata bisa memicu masalah diabetes gestasional, penyakit diabetes selama proses kehamilan.

Apa alasan pakar kesehatan tidak merekomendasikan gorengan? Selain faktor minyak yang digunakan, beberapa faktor seperti cara menggoreng, bahan apa saja yang dipakai, hingga seberapa banyak garam yang digunakan juga mempengaruhi baik buruknya kualitas gorengan. ** Baca juga: Atasi Sembelit Lewat Enam Cara Berikut

Meskipun begitu, Anda pun diperbolehkan mengonsumsi gorengan sesekali saja.(ilj/bbs)

Berita Terbaru