Home / Aneka Berita / Sehat / Konsumsi 5 Makanan yang Bantu Usir Insomnia
Ilustrasi/bbs

Konsumsi 5 Makanan yang Bantu Usir Insomnia

Kabar6-Tidak sedikit orang yang memiliki masalah gangguan tidur yaitu insomnia. Ada banyak penyebab insomnia. Nah, tahukah Anda, insomnia juga dipengaruhi oleh jenis makanan yang dikonsumsi?

Semakin banyak Anda mengonsumsi makanan yang tidak sehat atau memiliki kalori berlebihan seperti junk food, semakin susah pula Anda akan tidur.

Cara sederhana untuk mengatasi insomnia adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Dikutip dari beberapa sumber, berikut adalah lima jenis makanan sehat yang bantu usir insomnia:

1. Pisang
Pisang mengandung melatonin serta triptophan yang dapat melancarkan produksi serotonin pada otak manusia, sehingga pikiran akan terasa rileks dan tenang. Ditambah magnesium yang berperan meregangkan otot-otot yang kaku dan terasa lebih santai.

2. Sayuran hijau
Kandungan serat, magnesium, vitamin, dan zat penting lainnya untuk tubuh ternyata bisa ditemukan pada sayuran hijau.

Mulai dari bayam, selada, kangkung, dan sayuran hijau lainnya akan mencukupi asupan tubuh, sehingga Anda menjadi fit, segar dan tidur pun terasa nyenyak serta lelap.

3. Oatmeal
Selain untuk sarapan, oatmeal juga cocok untuk dikonsumsi sebelum Anda tidur. Terbuat dari gandum yang menjadi bahan dasar oatmeal, mengandung melatonin yang membantu tubuh terasa rileks.

Insulin yang diproduksi oatmeal juga menghasilkan kadar gula pada darah meningkat sehingga Anda akan cepat mengantuk.

4. Kacang almond
Kandungan magnesium serta triptofan dapat membuat rileks otot-otot tubuh sehingga cocok dikonsumsi sebelum tidur. .

5. Ikan salmon
Pada dasarnya, insomnia datang karena perasaan dan pikiran yang tertekan atau merasa stres karena masalah tertentu. Nah, kandungan omega 3 pada salmon dapat mengurangi hormon stres serta pikiran terasa tenang. ** Baca juga: Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Perut Sedang ‘Kosong’

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Check Also

Dehidrasi Bisa Disebabkan Karena Kurang Tidur, Ini Penjelasannya

Kabar6-Sebuah studi terbaru mengungkapkan, tidur kurang dari enam jam dapat membuat tubuh tidak terhidrasi dengan ...