oleh

Kondisi Tubuh Bisa Jadi Indikasi Kekurangan Vitamin

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Selain untuk daya tahan tubuh, vitamin diperlukan tubuh dalam proses metabolisme. Setiap vitamin memiliki fungsi yang berbeda-beda. Gejala kekurangan vitamin salah satunya dapat terlihat dari kondisi tubuh. Bagaimana mengenalinya? Dilansir Brightside, berikut uraianya:

1. Kulit terlalu pucat
Kondisi kulit Anda terlalu pucat dibandingkan biasanya, bisa jadi tanda bahwa Anda kekurangan vitamin B12. Solusinya, konsumsi daging dan hidangan laut.

2. Rambut kering
Jika rambut kering, mudah patah, dan cenderung berketombe bisa jadi pertanda Anda kekurangan biotin atau vitamin B7. Biasanya terkait dengan penggunaan antibiotik. Solusinya, konsumsi daging, ikan, sayuran, buah, dan jamur untuk meningkatkan kadar vitamin B7 dalam tubuh. Hentikan diet untuk sementara waktu.

3. Mata sembab
Jika mata tampak sembab, demikian pula di sekitar tungkai kaki, kemungkinan besar Anda kurang iodium (iodine). Solusinya, gunakan garam beryodium atau konsumsi makanan laut seperti lobster, udang, dan rumput laut, produk olahan susu, hingga roti.

4. Bibir pucat
Bibir yang berwarna pucat pertanda pemiliknya kekurangan iron (zat besi). Tekanan arteri yang rendah serta sering pilek juga merupakan bagian dari gejala kurang zat besi. Solusinya, konsumsi lebih banyak daging merah dan hindari makanan dengan kandungan tinggi kalsium.

5. Gusi berdarah
Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan gusi berdarah. Kondisi ini juga berisiko melemahnya daya tahan tubuh, nyeri otot, dan masalah gigi. Vitamin C bisa didapat dari buah-buahan jenis sitrus dan cabai merah. ** Baca juga: Jangan Lalai Kenali Tanda Tubuh Dehidrasi

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru