oleh

Kondisi Mulut Bisa Cerminkan Penyakit

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Selain karena makanan yang dikonsumsi, aroma napas tak sedap ternyata punya arti tersendiri. Dikutip dari FoxNews, masalah gusi, gigi dan lidah dapat juga mengisyaratkan kesehatan yang lebih dalam.

Betty Haberkamp, seorang dokter gigi di Cleveland Clinic, Betty Haberkamp, dikutip dari CNN Indonesia mengatakan ada empat tanda lain yang harus Anda waspadai:

1. Jika tiba-tiba banyak gigi berlubang, ini mungkin berarti diabetes
Dengan asumsi Anda tidak kecanduan soda atau mengonsumsi obat baru, kerusakan gigi bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda mengalami kesulitan mengolah glukosa.

Gula dapat berkembang dalam air liur dan memacu pertumbuhan bakteri. Dikatakan Haberkamp, kondisi itu dapat juga terasa dengan perasaan ngilu ketika merasa sakit gigi atau memakan sesuatu yang manis, panas atau dingin.

“Untuk catatan, gigi berlubang bukan satu-satunya efek yang terjadi dalam mulut ketika diabetes. Penyakit gusi, sariawan dan mulut kering juga,” katanya.

2. Jika gigi merosot, ini mungkin berarti Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)
Perasaan nyeri ketika asam lambung naik dapat terjadi pada siapa saja. Tapi jika Anda mengalaminya lebih dari dua kali dalam seminggu, maka sangat mungkin Anda mengalami GERD.

Sebuah kondisi di mana asam lambung bocor ke kerongkongan. Sementara beberapa orang mengalami sensasi ‘terbakar’ di dada atau tenggorokan, maka yang lain tidak mengalami gejala sama sekali.

Ketika asam lambung mencapai mulut, maka kondisi itu dapat merusak enamel gigi. “Erosi dari GERD biasanya terjadi di sisi lidah gigi,” kata Haberkamp.

“Seseorang mungkin tidak melihat ini , karena dapat terjadi perlahan-lahan. Tapi dokter gigi akan melihat pada ujian periodik,” ujarnya.

Jika Anda didiagnosis dengan GERD , hal itu dapat diobati dengan antasid, obat-obatan resep, dan perubahan gaya hidup seperti menghindari makanan tertentu dan makan yang lebih kecil.

2. Jika gusi berdarah saat menyikat gigi, ini mungkin berarti gingivitis
Kecuali Anda baru saja mulai flossing gigi Anda atau Anda menyikat terlalu keras (dalam hal ini kemudian mereda), darah di wastafel mungkin menunjukkan peradangan jaringan gusi yang disebabkan oleh penumpukan plak di sepanjang garis gusi.

Jika tidak diobati, gingivitis dapat menyebabkan periodontitis yang lebih serius, di mana gusi surut dari gigi dan membentuk kantung yang terinfeksi. Dan menandakan masalah di luar mulut Anda.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Heart Journal menemukan bahwa orang dengan periodontitis juga lebih mungkin untuk memiliki penyakit jantung, meskipun tidak jelas apakah merawat gigi Anda juga dapat melindungi jantung Anda.

3. Jika ada tanda putih di sekitar lidah, ini mungkin berarti oral thrush
Tanda putih ataupun plak dapat menjadi gejala oral thrush, suatu kondisi di mana jamur Candida albicans terakumulasi pada lapisan mulut. Jamur ini menyebabkan lesi putih krem, biasanya di lidah atau pipi bagian dalam. Lesi dapat bersifat menyakitkan dan menimbulkan sedikit darah ketika disentuh.

Kondisi ini memang tidak umum, tapi mereka yang telah didiagnosa terkena diabetes, mulut kering atau sistem imun tubuh yang depresi lebih berisiko mengalami. Tanda tambahan infeksi ini adalah dengan warna kemerahan, diikuti dengan kesulitan menelan atau ada selaput yang pecah pada bagian dalam mulut. ** Baca juga: Mantap, Anda Dapat Rasakan Detak Jantung Pasangan Lewat Cincin Kawin Ini

Kenali ketiga gejala di atas lebih dini.(ilj/bbs)

Berita Terbaru