oleh

Kompak, Seluruh Warga Desa Haydarbeyli di Turki Berhenti Merokok

Kabar6-Ada peristiwa yang bikin kagum, terjadi di Desa Haydarbeyli, Anatolia Tengah, Turki. Bukan karena fenomena alam, Sebanyak 180 warga desa tersebut kompak berhenti merokok.

Menurut kepala desa, Rifat Eraslan, penduduk desa saling membantu agar tetangga mereka pun berhenti merokok. “Setiap warga desa saling mendukung,” kata Eraslan. Melansir dailysabah, warga mematuhi saran presiden Recep Tayyib Erdogan untuk berhenti merokok. “Kami mematuhi sarannya,” tambah Eraslan.

Seorang warga desa Haydarbeyli bernama Muhsin Varol mengatakan, selama lebih dari 13 tahun dirinya adalah perokok berat. Hingga kemudian memutuskan untuk menghentikan kebiasaan merokok. “Saya berhenti merokok, seperti semua warga di sini. Kami juga mengorganisasi kelompok berjalan pada pagi dan malam hari agar tetap sehat,” ujarnya.

Setelah seluruh warga tidak merokok, rumah mereka termasuk mobil dan jalanan tidak tercium bau rokok. Mereka juga melarang orang yang datang ke desa mereka untuk merokok. Demi menghormati upaya warga desa, kepala provinsi Yesulay yang membawahi desa bebas rokok itu, Halil Ibrahim Coskun, bersedia datang ke desa Hyadarbeyli dan memberikan penghargaan.

“Fantastis, Haydarbeyli mendengarkan ajakan kami. Saya secara pribadi ingin berterimakasih atas putusan mereka. Saya berharap banyak lagi orang lain akan mengikuti contoh yang telah mereka lakukan dan kami akan menghilangkan kebiasan merokok bersama-sama,” kata Coskun. ** Baca juga: Kenangan Istimewa, Wanita Ini Bikin Gaun Pengantin dari Rambut Almarhumah Sang Ibu

Diketahui, jumlah perokok di Turki lebih dari 17 juta orang, dan 250 orang tewas setiap hari karena kebiasaan merokok yang membahayakan kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru