oleh

Komisioner BPSK Belum Dilantik Kemana Anggaran Rp 750 Juta?

Kabar6-Mantan komisioner Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Edi Rusli pertanyakan belum dilantiknya kesembilan nama calon periode 2019 – 2024. Sebab ada pagu anggaran sekitar Rp 750 juta diduga sudah terserap.

“Karena ketika panitia seleksi sudah terbentuk dan menghasilkan nama-nama ada anggaran yang dikeluarkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten yang sudah habis terpakai,” katanya, Selasa (17/11/2021).

Ia jelaskan, seharusnya kalau melihat dari panitia seleksi 2019 tidak ada alasan lagi kesembilan calon komisioner itu tidak dilantik. Kalau tidak dilantik dananya kemana yang diperuntukan panitia seleksi.

“Pertanggungjawaban seperti apa. Ini harus diusut,” jelas Edi. Menurutnya, ada pembiaran atau mungkin juga kelalaian dari pihak Disperindag Banten.

Kenapa tidak memberitahu kepada masyarakat. Termasuk menjelaskan kepada publik kendalanya seperti apa. “Wong dananya sudah habis, panitia seleksi sudah dibentuk, nama-nama sudah ada,” terangnya.

**Baca juga:

Warga Kecewa BPSK Tangsel Tiga Tahun Vakum

BPSK Tiga Tahun Vakum, Disperindag: Tunggu Pergub Banten

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Pengawasan Disperindag Banten, Herry Purnomo mengakui ada temuan terkait mata anggaran tersebut. Meski demikian ia mengaku pihaknya telah mengembalikan ke kas daerah.

“Enggak terserap, udah dikembalikan. Itu kemarin ada temuan. Kena refocusing,” kilahnya.(yud)