oleh

Komisi I Apresiasi Pilkades Lebak Berjalan Aman dan Kondusif

Kabar6-Komisi I DPRD Kabupaten Lebak mengapresiasi pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang dinilai berjalan kondusif.

Ketua Komisi I DPRD Lebak Enden Mahyudin berterima kasih kepada pemerintah daerah, Forkopimda, panitia tingkat kabupaten hingga desa, personel Polri, TNI, Linmas dan seluruh pihak yang terlibat sehingga pesta demokrasi di 264 desa pada Minggu (24/102021) lalu aman dan terkendali.

“Patut diapresiasi ya dan kita ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat di dalamnya, terutama personel pengamanan yang membantu jalannya pilkades di Lebak menjadi kondusif,” kata Enden, Minggu (31/10/2021).

Menurut Enden, keamanan dan kondusifitas pelaksanaan pilkades serentak tercermin dari tidak adanya kekisruhan maupun kekacauan serta konflik besar di masyarakat.

“Secara umum aman dan kondusif, pelaksanaan pilkades clear, hampir tidak ada masalah hukum maupun gejolak besar di tengah masyarakat,” ujarnya.

Soal calon kades yang akan mengajukan gugatan hasil pilkades ke PTUN, Enden menyebut bahwa langkah tersebut sah-sah saja dilakukan. Namun kata dia, masalah yang digugat harus diperkuat dengan bukti-bukti kuat.

“Kalau ada calon yang tidak puas karena menduga ada pelanggaran administrasi atau bahkan hukum, ya sah-sah aja, kan ada salurannya. Tetapi, gugatan dan laporan itu harus disertai dengan bukti-bukti yang kuat,” ucap anggota legislatif dari PDI Perjuangan ini.

**Baca juga: Kementerian Investasi Susun Studi Kelayakan dan Master Plan Kawasan Industri Lebak

Lanjut Enden, meski gugatan atau laporan mengenai dugaan lain resmi dilayangkan, namun proses pelantikan kepala desa terpilih harus tetap dilakukan oleh pemerintah daerah.

“Oh iya, pelantikan harus tetap jalan, artinya tidak terganggu dengan proses gugatan atau laporan itu,” tutupnya.(Nda)

Berita Terbaru