oleh

Kolaborasi Mahasiswa Indonesia Australia Tingkatkan Kemampuan Guru & Siswa

Kerjasama antara UMN dan Swinburne University.(asri)
Kerjasama antara UMN dan Swinburne University.(asri)

Kabar6-Berdasarkan data Konferensi Guru 2014, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang begitu pesat, ternyata tidak berbanding lurus dengan pemanfaatannya di sekolah. Padahal jika dipahami dengan baik, TIK akan memberikan kemudahan bagi guru dan siswa dalam proses belajar mengajar.

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) sebagai universitas yang unggul di bidang TIK ingin menjembatani problem tersebut.

Berkolaborasi dengan tujuh mahasiswa dari Swinburne University of Technology Australia, mahasiswa Fakultas Teknik dan Informasi UMN membuat program belajar mengajar yang mendukung kegiatan edukasi di SDN Cihuni II Serpong selama sepekan lalu.

“Melalui program ini, mahasiswa UMN dan Swinburne University ingin meningkatkan awareness dan pemahaman guru serta para siswa SD dalam proses belajar mengajar. Untuk guru, para mahasiswa ini akan mengajarkan penggunaan TIK dalam membuat konten pembelajaran yang menarik menggunakan Ms. Excel, Power Point, Adobe Photoshop, dan masih banyak lagi,” papar Kanisius Karyono, Dekan Fakultas Teknik dan Informatika UMN.

Di sisi lain, tambah Karyono, siswa-siswa dari kelas IV A dan B tersebut juga diajak untuk belajar secara lebih menarik melalui penggunaan teknologi yang lebih mudah dipakai. Selain itu, anak-anak juga akan mendapatkan pelatihan pembelajaran dalam Bahasa Inggris,”

Tak hanya berhenti di bidang pendidikan saja, kolaborasi ini juga merambah ke pemerintahan daerah di tingkat kelurahan. Kolaborasi UMN dan Swinburne University juga mengembangkan sebuah website berisi informasi mengenai Kelurahan Curug Sangereng secara lengkap. Website tersebut akan dipresentasikan di penghujung rangkaian kegiatan.

Kerjasama antara UMN dan Swinburne University bukan hanya terjalin melalui kegiatan sosial ini saja tetapi juga melalui Dual Degree International Program.

Melalui program Dual Degree ini, mahasiswa UMN akan mendapatkan sertifikasi Java  sekaligus dua gelar, yaitu Sarjana Komputer (S.Kom) dari UMN dan Bachelor of IT (BIT) dari Swinburne. Dengan demikian, mereka akan unggul dalam persaingan global.

Rufina Andang dari Continuing Education Department UMN menambahkan kegiatan ini juga merupakan kolaborasi UMN dengan Continuing Education Department. ** Baca juga: Combo Xtra Merdeka, Kuota Besar & Gratis Nelpon ke Semua Operator

“Kita berharap program serupa bisa berlanjut karenna selain bisa mengenalkan Indonesia kepada mahasiswa asing, kegiatan ini juga dapat menciptakan kerja sama di bidang edukasi seperti dual degree program yang lebih banyak lagi dan tentunya dengan universitas yang lebih banyak,” jelasnya.(asri)

Berita Terbaru