oleh

Kisah SD Negeri di Tangsel Berbagi Gedung Dengan SMK

Kabar6-Kisah SD Negeri Jelupang 02 yang rela berbagi gedungnya dengan SMK Negeri 6 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang belum memiliki gedung sejak awal berdiri.

Humas SD Negeri Jelupang 02, Trisnawati menerangkan, sebelum dijadikan SMK Negeri 6, sebelumnya gedung tersebut merupakan gedung yang baru saja jadi pada tahun 2015.

Gedung SD seluas 2.000 meter persegi itu dipinjamkan untuk SMK Negeri 6 Kota Tangsel yang saat itu sangat membutuhkan, dan pembahasan itu dihadiri oleh Kepala Sekolah Syari serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel Mathoda.

“Kebetulan memang waktu itu belum banyak dan belum butuh memakai gedung ini (SMK), jadi kosong gitu. Sekitar 2015-2016. Luas SD 2000 meter persegi,” ujarnya kepada Kabar6.com di SD Negeri Jelupang 02, Senin (6/9/2021).

Selama bersatu, Trisna menjelaskan, pihaknya dan SMKN 6 selalu membagi lapangan untuk keperluan olahraga, dan bersatu untuk kegiatan upacara rutin, hal itu terjadi sebelum Pembelajaran Jarak Jauh.

“Kalau untuk kegiatan dia (SMKN 6 Tangsel, red) mau olahraga jika memang butuh disini dia izin, ekskulnya juga, tapi jika ekskul juga biasanya dia di Gelora Hasan Ryka,” terangnya.

Menurutnya, walaupun satu kawasan dengan SMK Negeri 6 Kota Tangsel, pihaknya memiliki gerbang yang berbeda dengan tetangganya tersebut.

“Gerbang terpisah, kalau kantin kita nyatu, tapi kalau listrik fasilitas misah semua,” ungkapnya.

Menurutnya, pihaknya hingga saat ini belum lagi menerima siswa lebih dari yang sudah tercatat pertahunnya. Hal itu karena pihaknya kekurangan ruang kelas.

“Jadi kita menyesuaikan penerimaan murid pun menyesuaikan ruangan yang kosong, karena kalau nambah pun gak cukup ya jadi harus ada ruangan lagi,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Miris! Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sudah menumpang selama 6 tahun di Sekolah Dasar (SD) Negeri Jelupang 02.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, Lina Budiutami menerangkan, sekolah ini didirikan tahun ajaran 2015-2016, dan dari saat berdirinya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel, pihaknya menumpang di SDN Jelupang 02.

Saat itu, diakui Lina, SMK ini dicanangkan oleh Wali Kota Tangsel pertama Airin Rachmi Diany menjadi sekokah berbasis Informasi dan Teknologi (IT) di wilayahnya.

**Baca juga: Miris! SMK Negeri Berbasis IT di Tangsel 6 Tahun Numpang Gedung

“Dulu (sekolah, red) ini adalah programnya Bu Airin untuk mendirikan SMK berbasis IT, pada saat itu Dinas Oendidikan nya pak haji Mathoda. Karena dari awal sudah ditunjukan oleh Dinas Pendidikan Tangsel, pada saat itu untuk menempati lahan yang kosong (di SDN Jelupang 02, red),” ujarnya kepada Kabar6.com di SMKN 6 Kota Tangsel, Senin (6/9/2021).(eka)

Berita Terbaru