oleh

Kirana Agustina Ajak Masyarakat Indonesia Kurangi Penggunaan Plastik

Kabar6-National Plastic Action Partnership, Kirana Agustina mengatakan sampah sudah menjadi permasalahan global, termasuk sampah plastik.

Hampir semua perabotan rumah tangga terbuat dari plastik. Mulai dari sedotan, tempat minum, container makanan, tas belanja dan banyak lagi.

Menurut wanita Indonesia pertama yang berpetualang melintasi Samudra Atlantik ini, sudah saatnya kita mengatakan perang untuk plastik.

“Dari data yang saya dapatkan, hingga pagi tadi jam 8, jumlah kantong plastik yang telah diproduksi sebanyak 716,796,120,932. Sudah saatnya kita perangi plastik,” kata Kirana dalam workshopnya di BCA Expoversary 2020, ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Sabtu (22/2/2020).

Kirana bilang, sampah-sampah plastik ini bermuara di laut dan membahayakan ekosistem laut. “Waktu kita mengarungi samudera atlantik, kita tetap lakukan penelitian terhadap plastik. Dan banyak ekosistem laut yang sudah mengkonsumsi mikro plastik. Tanpa kita sadari, plastik sudah menjadi rantai makanan yang sudah kita konsumsi dari fauna laut,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Kirana mengajak para mahasiswa dan masyarakat Indonesia untuk mulai mengurangi penggunaan plastik. “Harus di mulai dari sekarang, dan itu dimulai dari diri kita sendiri,” tegasnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, lanjut wanita muda ini, kita bisa memulainya dengan mengganti container makanan dengan yang lain, botol minuman dengan tumbler, kantong plastik menjadi tas belanja re-use, bohlam menjadi lampu go green, dan banyak lainnya.

“Mari bersama-sama kita kurangi pemakaian plastik dari sekarang,” tegasnya.**Baca juga: Bakti BCA, dari Komunitas Gemah Sumilir hingga Kopi Sirep asal Semarang.

Senada Executive Vice President CSR BCA, Inge Setiawati sangat mendukung pengurangan kertas, energi dan plastik. “Kita di BCA sudah melakukan pengurangan untuk energy, kertas dan plastik,” ungkapnya saat jumpa pers, Sabtu (22/2/2020).

Hal yang sama dilakukan presenter terkemuka tanah air, Indy Barends bersama keluarganya. “Saya bersama anak-anak sudah lama mengurangi plastik dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya di BCA Expoversary 2020.(fit)

Berita Terbaru