oleh

Kiat Berpuasa Bagi Penderita Maag & Diabetes

Kabar6-Penyakit Diabetes Mellitus (DM) yang juga dikenal sebagai penyakit kencing manis atau penyakit gula darah, adalah penyakit yang ditandai dengan peningkatan kadar gula dalam darah sebagai akibat adanya gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh.

Berdasarkan data dari World Health Organization (WO), Indonesia Menempati urutan keempat sebagai negara dengan tingkat Diabetisi terbanyak di dunia setelah India, China, dan Amerika Serikat.

Sedangkan Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut.

Penyebabnya karena penderita makannya tidak teratur, terdapat mikroorganisme yang merugikan, mengonsumsi obat-obatan tertentu,atau sebab lainnya seperti mengonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stress.

Bagi umat muslim, Bulan Ramadhan adalah bulan untuk peningkatan amal ibadah. Namun bagi sebagian penderita Diabetes Mellitus (DM) dan Maag, menjalankan ibadah puasa kadang sangat menyulitkan. Lalu apakah penderita DM dan Maag aman berpuasa?.

Dilatarbelakangi oleh hal tersebut, RS Awal Bros Tangerang menyelenggarakan ngabuburit Roadshow Seminar Kesehatan  “Kiat berpuasa bagi penderita maag dan diabetes”  dan buka puasa bersama.

Roadshow Seminar ini diadakan di 3 lokasi, yaitu Masjid Komplek Angkasa Pura Batuceper (29/7), Masjid Komplek Sekneg Cikokol (4/8), dan Balai Warga Komplek Kelapa 2 Dayung kelapa dua (5/8).

Seminar ini diselenggarakan dari pukul 16.00 WIB s/d 17.55 WIB. Ketiga roadshow Seminar tersebut dibawakan oleh dr.Hj.Vivien Maryam,SpPD selaku pembicara.

Seminar dibuka dengan pemeriksaan Cek kulit dan Cek osteoporosis untuk para peserta. Event Roadshow ramadhan yang dihadiri oleh total +350 Peserta ini yang dihadiri oleh Masyarakat Komplek Angkasa Pura Batuceper, Komplek Sekneg Cikokol, dan Komplek Kelapa 2 Dayung dan sekitarnya ini berlangsung sangat meriah.

Antuasisme peserta sangat tinggi, terlihat dari banyaknya pertanyaan peserta seputar materi yang disampaikan serta permintaan untuk mengadakan seminar kembali di lokasi yang sama.

Dr.Vivien menjelaskan serba serbi tentang Diabetes dan maag, komplikasinya, serta tips untuk berpuasa yang aman bagi penderita maag dan diabetes.

Menurut dr vivien, puasa aman bagi Diabetisi (sebutan bagi penderita diabetes) jika Gula darah Terkendali baik  < 180 mg%, tidak ada komplikasi (jantung,ginjal,dll), dan tidak menderita penyakit lain. Selain itu, Diabetisi yang mengalami gejala “hipoglikemik” (penurunan gula darah secara drastis) seperti tiba-tiba lapar luar biasa, keringat dingin, berdebar-debar, dan tidak sadar selama berpuasa harus segera membatalkan puasanya agar tidak terjadi hipoglikemik yang mengakibatkan koma. Sedangkan puasa bagi penderita maag, Puasa dapat menjadi “obat”  karena organ pencernaan diistirahatkan setelah 11 bulan bekerja tanpa henti. Penderita maag dapat berpuasa asalkan sahur dan berbuka puasa secara teratur dan menghindari makanan-makanan asam dan pedas. Menurut Auladhi Rachman, selaku Manager Marketing RS Awal Bros Tangerang, acara ini diselenggarakan sebagai agenda tahunan RS Awal Bros Tangerang di setiap bulan ramadhan. Adapun tujuan dari roadshow seminar kesehatan dan buka puasa bersama ini yaitu selain untuk memberikan pengetahuan bagi masyarakat bahwa penderita maag dan diabetes aman berpuasa di bulan ramadhan, juga untuk mempererat silaturahmi antara RS Awal Bros dengan masyarakat Tangerang dan sekitarnya.(rilis/ir)

Berita Terbaru