oleh

Khawatir HIV/AIDS, Darah 187 PMKS di Tangsel Diperiksa

Kabar6-Puluhan wanita Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjalani tes pemeriksaan darah (sero survey). Mereka terjaring razia petugas gabungan menyusul terus meningkatnya jumlah penderita virus HIV/AIDS.

“Sero survey atau ambil darah ini untuk mendeteksi apakah mengandung virus HIV/AIDS atau tidak,” ungkap Kepala Seksi Pencegahan Penyakit Menular (P2M), Muhammad Rusmin, dikantor Satpol PP di Ciputat, Kamis (10/1/2013)dinihari.

Rusmin menjelaskan, sesuai instruksi dari Kementerian Kesehatan bahwa setiap kabupaten/kota di Indonesia diwajibkan mengumpulkan 200 sampel darah. Setelah masing-masing sampel yang telah dikumpulkan dan didata maka tiga hari berikutnya akan dikirim ke laboratorium pusat.

Setelah diketahui hasil uji laboratorium terhadap sampel yang dikumpulkan dari PMKS, lanjut Rusmin. Bila hasilnya positif. HIV/AIDS maka pemerintah daerah di setiap kabupaten/kota wajib mengkarantina.

Hingga kini, terang Rusmin, pihaknya baru mengumpulkan 187 sampel darah. Pada kegiatan dengan titik sasaran di jalan Raya Puspiptek terjaring 38 orang PMKS. Beberapa sebelumnya di sejumlah wilayah terpisah, seperti Pondok Aren, Pamulang dan Ciputat telah diambil sampel darah terhadap 149 orang.

“Tes darah ini untuk pemetaan wilayah zona merah HIV/AIDS. Bila hasilnya positif maka PMKS ini diamankan dan dilarang untuk keluar,” jelasnya.(yud)

Berita Terbaru