oleh

Khasiat Sulfur Bawang Merah

Kabar6-Bawang merah ternyata menyimpan rahasia luar biasa bagi kesehatan. Riset terbaru menunjukkan, bawang merah dapat meningkatkan kepadatan tulang serta memperkuat sendi, sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah menopause.

Selain memperkuat tulang dan sendi, empat khasiat bawang merah lainnya, yakni: menguatkan otot kardiovaskular, perlindungan diri dari kanker, menghambat aktivitas sel darah putih, dan menyeimbangkan kadar gula.

Menguatkan Otot Kardiovaskular
Situs dokterSehat.com menyebutkan, terdapat banyak bukti yang menunjukkan bahwa kandungan sulfur yang terdapat dalam bawang merah kaya akan manfaat.

Kandungan sulfur bawang merah selain dapat mencegah pembekuan sel-sel darah juga dapat menurunkan kolesterol jahat yang terdapat dalam darah. Bahkan, bawang merah efektif mencegah serangan jantung.

Perlindungan Diri Dari Kanker
Banyak riset yang membuktikan bahwa bawang merah dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker.

Menghambat Aktivitas Sel Darah Putih
Kandungan sulfur bawang merah ternyata juga memegang peranan penting untuk menghambat kegiatan sel darah putih. Dengan terhambatnya aktivitas sel darah putih, maka kekebalan tubuh dapat meningkat.

Menyeimbangkan Kadar Gula
Bawang merah dipercaya juga dapat menyeimbangkan kadar gula dalam darah serta mencegah infeksi akibat bakteri.

Agar khasiat bawang merah terjaga, beberapa riset menyarankan cara mengolah bawang merah yang baik, yakni jangan memasak bawang merah terlalu matang.

Segera masak bawang merah setelah dicincang, karena membiarkan merah dalam jangka waktu tergolong lama bawang dapat mengurangi kandungan manfaat dari bawang merah.(bbs/yus)

Berita Terbaru