oleh

Ketimbang Gunakan Lift, Naik Turun Tangga Lebih Sehat

Kabar6-Memiliki ruang kerja di lantai atas sebuah gedung, mau tak mau membuat Anda harus memakai lift. Padahal, apabila ruang kerja hanya berada di lantai empat atau lima, Anda tidak usah repot-repot menunggu lift karena naik turun tangga jadi kegiatan yang menyehatkan.

Ya, naik turun tangga adalah bentuk olahraga. Melansir Pesona, ini dia manfaat yang didapat apabila Anda lebih sering menggunakan tangga ketimbang lift:

1. Bakar kalori
Naik tangga dengan langkah mantap dan telapak kaki menapak di tiap anak tangga membakar setidaknya 0,17 kalori per anak tangga. Sementara turun tangga membakar 0,05 kalori per anak tangga.

Rata-rata tangga memiliki 12 anak tangga sebelum berhenti di bordes. Jadi, setiap lantai yang ada 20-25 anak tangga berarti bisa membakar hingga lima kalori. Jika ruang kerja Anda di lantai empat, 40 kalori pasti sudah Anda bakar.

2. Turunkan tekanan darah & kolesterol jahat
Sebagai bentuk latihan, naik tangga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL sehingga menyeimbangkan kesehatan Anda.

3. Kuatkan otot & tulang
Turun tangga justru adalah bentuk latihan yang baik untuk menguatkan otot dan tulang. Hal ini karena, saat turun tangga dengan menapak mantap, Anda harus mengendalikan kaki dan menahannya dari gravitasi saat turun. Cara ini bisa memperkuat otot dan tulang. ** Baca juga: Murah Meriah, Bayam Miliki Manfaat yang Mengesankan

Hal yang harus diingat, turun tangga dengan telapak menyentuh anak tangga, bukan melayang. Melayang hanya menapak di ujung telapak malah lebih berisiko cedera.(ilj/bbs)

Berita Terbaru