oleh

Ketahui Tanda Lupa yang Bukan Sekadar Lupa Biasa

Kabar6-Ada banyak hal yang menyebabkan Anda menjadi sangat mudah lupa. Bisa jadi Anda mengalami insomnia selama berturut-turut sehingga mengakibatkan sulit berkonsentrasi, atau bisa juga merasa kewalahan akibat beban kerja yang berat.

Nah, ada kemungkinan bahwa kejadian lupa yang terjadi terus menerus adalah gejala dari Alzheimer. Dikutip dari beberapa sumber, satu hal yang perlu diwaspadai adalah ketika Anda sering melupakan hal yang dilakukan sehari-hari. Misalnya, Anda lupa untuk memasak makanan untuk makan malam dan hal tersebut terjadi secara berturut-turut, padahal hal itu merupakan kegiatan harian.

Gejala lain adalah Anda jadi gampang tersesat di rute jalan yang sebenarnya familiar bagi Anda. Ada kalanya Anda lupa tujuan ketika sudah berada di tengah perjalanan. Orang-orang tua yang sering dikabarkan terlihat linglung saat mereka ditemukan di pinggir jalan kebanyakan mengalami gejala yang serupa. Artinya, bisa jadi hal tersebut merupakan tanda awal dari Alzheimer.

Kebiasaan mengulang percakapan yang sama juga bisa jadi tanda awal dari Alzheimer atau Dementia. Anda secara tak sadar mengulang-ulang cerita yang sama kepada pasangan, keluarga dan teman-teman. ** Baca juga: Apa yang Membuat Telinga Tetap Gatal Meski Telah Dibersihkan?

Jika masih belum yakin gejala lupa yang Anda alami termasuk gejala lupa biasa atau gejala Alzheimer, saatnya meminta pendapat dari keluarga Anda, karena biasanya keluarga akan menunjukkan perhatian ketika kebiasaan lupa Anda sampai di tahap yang tak wajar.

Ada banyak hal yang bisa mengakibatkan Anda jadi gampang lupa, dan bisa jadi gejala Alzheimer tidak termasuk di dalamnya. Jika kebiasaan lupa Anda berdampak fatal terhadap kegiatan sehari-hari, ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru