oleh

Ketahui Manfaat Beberapa Bagian Jeroan untuk Kesehatan

Kabar6-Jeroan adalah bagian-bagian dalam tubuh (hewan) yang sudah dipotong. Biasanya yang disebut jeroan adalah semua bagian kecuali otot dan tulang. Berbagai bagian jeroan dapat dianggap sebagai sampah atau sebaliknya justru makanan mahal.

Jika diolah dengan benar, jeroan yang kaya vitamin dan mineral akan menyehatkan tubuh. Melansir Okezone, berikut adalah manfaat beberapa bagian dari jeroan:vv

1. Hati
Ini adalah organ paling bernutrisi dan sehat dari daging. Seperti disebutkan di atas, kandungan dari hati bagus salah satunya untuk meningkatkan kadar hemoglobin sehingga dapat mengatasi anemia.

2. Ginjal
Bagian ini juga kaya akan protein. Ginjal sapi atau kambing mengandung asam lemak omega 3 dan memiliki kandungan anti peradangan yang baik untuk jantung.

3. Pankreas & limpa
Organ ini kaya akan zink dan selenium yang dibutuhkan untuk fungsi hormonal dan imunitas, juga kaya omega 3 dan protein.

4. Otak
Otak adalah bagian yang menjadi sumber omega 3 tertinggi. Otak juga mengandung nutrisi kuat seperti fosfatidilkolin dan fosfatidilserin yang baik untuk saraf. Bagian ini juga kaya kandungan antioksidan yang mampu melindungi otak dan sistem tulang belakang dari kerusakan.

5. Jantung
Jantung kaya akan folat, zat besi, zink, selenium, vitamin B2, B6, dan B12. Jantung hewan membantu produksi energi di tubuh karena ini adalah sumber CoQ10 terbaik bagi tubuh Anda.

6. Lidah
Bagian ini 70 persennya mengandung asam lemak dan kalori, serta sejumlah nutrisi seperti jeroan lainnya. Lidah sapi misalnya baik untuk penyembuhan setelah sakit dan wanita mengandung.

7. Babat & usus
Babat berarti lapisan perut baik kambing, domba, dan sapi. Bagian ini kaya gelatin dan probiotik yang baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Usus adalah sumber yang kaya gelatin dan glutamin yang digunakan untuk mencegah dan mengobati diare dan perforasi (lubang) usus. ** Baca juga: Saat Stres Tidak Disarankan Konsumsi Sejumlah Makanan Ini

Jadi tidak selamanya jeroan itu berbahaya, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru