oleh

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Hendak Turunkan Berat Badan

Kabar6-Selain rutin olahraga, memiliki tubuh ideal juga dilakukan dengan cara menjalankan program diet. Sayangnya, tidak jarang pula diet yang dijalani gagal karena dilakukan dengan cara kurang tepat.

Kesalahan apa saja yang biasa dilakukan saat hendak menurunkan berat badan? Melansir Klikdokter, dalam menjalani program diet, menetapkan target merupakan hal yang penting dan dapat menjadi komitmen. Target yang ditetapkan dapat berupa jumlah kilogram penurunan berat badan serta waktu yang harus dilalui. Misalnya, Anda menetapkan target untuk turun dua kilogram dalam kurun waktu satu bulan sejak memulai diet.

Tapi ingat, jangan terlalu tinggi dalam menetapkan target, misalnya berharap untuk turun empat kilogram dalam dua minggu. Target yang terlalu tinggi dan tidak logis ini justru membuat diet menjadi hal yang sulit dan menyiksa.

Terlebih ketika target tidak tercapai, maka pasti muncul kekecewaan yang justru membuat Anda malas untuk melanjutkan program diet. Tetapkan target sewajarnya yang sesuai dengan kemampuan Anda. Normalnya, penurunan berat badan yang dapat dicapai adalah 0,5-1 kg setiap minggunya.

Sebagian besar wanita hanya fokus mengurangi asupan karbohidrat, namun tidak menambahkan asupan protein pada menu dietnya. Padahal, makanan tinggi protein dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama karena membutuhkan waktu lebih lama dicerna tubuh.

Selain itu, protein juga dapat menstabilkan gula darah, sehingga keinginan untuk mengonsumsi camilan pun berkurang.

Ketika memulai diet secara ekstrem dengan langsung mengganti seluruh makanan menjadi yang lebih sehat, rasanya makanan sehat memang cenderung kurang nikmat untuk disantap. Akibat perasaan tersiksa ini justru tubuh mengeluarkan hormon stres (kortisol) yang malah membuat keinginan makan enak Anda melonjak tinggi.

Mengganti makanan dengan yang lebih sehat dilakukan banyak wanita ketika memulai diet. Namun, sebagian besar tidak menghilangkan kebiasaan buruk yang sudah bertahun-tahun digemari, misalnya mengonsumsi minuman manis dan camilan, serta malas olahraga. Meskipun Anda mengubah pola makan, tetap menjalani kebiasaan buruk akan membuat penurunan berat badan sulit dicapai.

Ada yang berpendapat bahwa makan siang adalah yang tertinggi kalorinya, sehingga harus dihindari. Padahal jika Anda melewatkan makan siang, justru perut akan mudah lapar. Akibatnya, Anda akan makan lebih banyak. Jadi usahakan tetap mengonsumsi menu makan siang Anda untuk menjaga perut kenyang sepanjang hari.

Biasanya orang hanya mengaitkan diet dengan perubahan pola makan. Padahal kebiasan minum juga perlu diperbaiki. Apa gunanya mengonsumsi makanan sehat tapi tetap mengonsumsi minuman manis? Mulai sekarang asupan minuman juga harus dijaga. ** Baca juga: Penelitian Sebutkan, Saat Musim Dingin Banyak Orang yang Mendadak Bersikap Romantis

Jangan ragu berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi untuk mendapatkan menu dan tips diet yang tepat(ilj/bbs)

Berita Terbaru