oleh

Kesadaran Warga Tangsel Bikin Kutipan Nikah Rendah

Bina kependudukan di Kecamatan Ciputat Timur.(yud)

Kabar6‎-Pasangan nikah dari kalangan warga di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) masih tergolong cuek untuk membuat dokumen resmi kutipan akta perkawinan. Padahal, setiap pasangan suami istri wajib memilikinya sesuai aturan perundang-undangan.

“Per akhir April kemarin ada 163 orang warga yang bikin kutipan akta perkawinan,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel, Toto Sudarto di Puspiptek, Kecamatan Setu, Kamis (26/5/2016).

Menurutnya, bukan hanya kutipan akta perkawinan saja yang mesti dikantongi setiap warga pasangan resmi. Dokumen kutipan akta perceraian pun juga penting.

Toto menegaskan, ketentuan diatas telah tertuang dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.‎ Hubungan pernikahan resmi perlu dicatat dalam dokumen sebagai tanda pengakuan dari negara.

‎”Dan bulan yang sama juga ada sebanyak 38 warga yang juga datang mencatatkan perceraiannya di loket pelayanan Disdukcapil,” jelasnya.

‎Pada kesempatan itu, lanjut Toto, institusinya mengundang pemuka agama islam, kristen katolik dan protestan, hindu serta budha untuk membuat kesepakatan bersama. Seluruh pemuka agama mesti memahami dan berbagi pengetahuan kepada umatnya.

“Untuk sama-sama memahami dan memberikan pengetahuan, betapa pentingnya sebuah perkawinan dicatatkan di Disdukcapil,”ungkapnya.

Dikarenakan masih banyak pemuka agama, yang hanya menikahkan saja. Tetapi tidak segera mengurus dokumen pencatatan akta resmi ke Disdukcapil Kota Tangsel. **Baca juga: Siap-siap..! Harga Daging Sapi di Banten Diprediksi Bakal Melonjak.

Tujuannya agar perkawinan tersebut memiliki status yang sah secara hukum dan diakui oleh sesuai regulasi. **Baca juga: Populasi Pengangguran di Tangsel Capai 42.058 Orang.

“Dimana dalam undang-undang tersebut mengatur tentang pencatatan  perkawinan dan penceraian, baik itu dalam negeri maupun di luar negeri,” tambah Toto.(yud)

**Baca juga: Remaja SMP di Tangsel Diduga Sodomi Empat Bocah.

Berita Terbaru