oleh

Kerusakan di Jalan Raya Rawa Buntu Banyak “Makan” Korban

Kabar6-Lubang menganga yang menghiasi sepanjang ruas Jalan Raya Rawa Buntu, Kelurahan Rawa Buntu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), mulai mengundang keprihatinan warga.

Pasalnya, parahnya kerusakan berupa lubang-lubang menganga di ruas jalan tersebut, setiap hari ada saja warga pengguna jalan yang menjadi korban kecelakaan.

Nasim (45), warga RT 02/03, Kelurahan Rawa Buntu, mengaku meski sudah cukup lama kerusakan yang terjadi di ruas jalan tersebut, namun hingga kini  belum juga diperbaiki.

Akibatnya, pada saat matahari terik, kerusakan ruas jalan akan mengundang kepulan debu. Sedangkan apabila hujan, akan terlihat seperti kubang. Dan, pada malam hari, lubang justru bisa mengundang maut bagi pengendara.

“Kalau pengguna motor harus hati-hati jika melewati jalan ini. Soalnya kondisi jalan banyak yang berlubang. Sudah banyak warga yang jadi korban di ruas jalan ini,” ujar Nasim, Rabu (6/2/2013).

Nasim juga sangat menyayangkan sikap pemerintah daerah setempat, yang terkesan cuek dengan kondisi kerusakan yang terjadi di Jalan Raya Rawa Buntu tersebut.

“Jalan di Rawa Buntu ini rusaknya sudah berbulan-bulan, padahal ini adalah jalan besar. Buktinya truk-truk tronton yang ingin ke Tol BSD atau Jalan Raya Puspitek, selalu lewat sini,” pungkasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPRD Tangsel, Amar mengatakan memang Jalan Raya Rawa Buntu saat ini kondisinya rusak parah. Dan, jalan tersebut merupakan kewenangan pusat. Pihaknya juga sudah melakukan kordinasi ke pusat untuk perbaikan jalan itu.

“Dalam waktu dekat jalan tersebut akan diperbaiki. Dan, tadi soal kerusakan jalan itu baru kita rapatkan di dewan,” katanya.

Sumber kabar6.com di Dinas Bina Bina Marga Kota Tangsel mengatakan, bahwa jalan rusak di Rawa Buntu merupakan kewenangan dari Kementerian PU Pusat.

“Jalan itu adalah jalan nasional yang seharusnya menjadi kewenangan Kementrian PU. Kita (Bina Marga dan Pengairan) sudah berkoordinasi dengan kementerian PU terkait jalan pusat yang mengalami kerusakan,” ujar sumber yang enggan disebut namanya itu.

Meski demikian, pihaknya akan tetap berupaya dengan mengajukan usulan perbaikan ke Kementerian PU. “Nanti setelah kita ajukan ke provinsi untuk selanjutnya ke pusat,” ungkapnya.

Dinas Bina Marga dan Pengairan Kota Tangsel menargetkan harapan untuk dapat segera diperbaikinya jalan tersebut dapat terwujud ditahun 2013.

Karena hampir setiap hari kerusakan terus bertambah parah dengan banyaknya kendaraan besar yang melintas dijalan tersebut sarat muatan sehingga memicu bertambah parahnya kerusakan.

“Semoga kita dapat mewujudkan harapan untuk segera diperbaiki pada tahun ini, karena semakin hari jalan tersebut semakin sulit dan riskan saat dilalui terlebih kendaraan besar karena lubangnya sudah cukup dalam,” tandasnya.

Dari pantauan dilapangan, banyak jalan berlubang mulai dari fly over Rawa Buntu sampai Taman Tekno. Jika musim hujan kondisi jalan yang berlubang tertutup genangan air, pengendara baik itu roda empat maupun roda dua harus perlahan melewati jalan tersebut jika tidak ingin mengalami kecelakaan.(Evan)

Berita Terbaru